Pemakaman Arifin Panigoro Berlangsung Khidmat Diiringi Upacara Militer

Prosesi pemakaman Arifin Panigoro dengan prosesi militer.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Prosesi persiapan pemakaman terhadap almarhum Arifin Panigoro bin Yusuf Panigoro, dilakukan di rumah duka di wilayah Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, sejak pagi tadi Selasa 8 Maret 2022.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Pantauan VIVA, salat jenazah bagi Almarhum dilaksanakan di rumah duka pada pukul 10.30 WIB, dilanjutkan dengan sejumlah prosesi kenegaraan.

Bahkan, Presiden Joko Widodo juga menyempatkan diri untuk hadir dan melayat ke rumah duka Almarhum Arifin Panigoro, sekaligus ikut menyalatkan jenazah Almarhum.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

Jokowi melaksanakan salat jenazah di rumah duka Almarhum Arifin Panigoro

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Prosesi selanjutnya yakni upacara persemayaman bagi Almarhum Arifin Panigoro, sekaligus prosesi penyerahan jenazah dari pihak keluarga yang diwakili oleh Raisis Kartiwa Panigoro, istri Almarhum, kepada Negara atau pemerintah.

Suasana Rumah Duka Mooryati Soedibyo, Dipenuhi Pelayat dan Karangan Bunga

"Dengan ini, saya Raisis Kartiwa Panigoro atas nama keluarga menyerahkan jenazah Almarhum Arifin Panigoro kepada negara, untuk dimakamkan dengan upacara militer," ujar Raisis melalui tayangan virtual, Selasa 8 Maret 2022.

Kemudian, dari pihak Negara atau pemerintah yang diwakili oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, kemudian menerima jenazah Almarhum setelah diserahkan oleh pihak keluarga.

"Saya, Pratikno, Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia, atas nama negara, bangsa, dan Tentara Nasional Indonesia, saya menerima jenazah Almarhum Arifin Panigoro. Selanjutnya jenazah Almarhum akan kami berangkatkan ke tempat pemakaman di taman pemakaman keluarga, Jalan Benda, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, untuk dimakamkan secara militer," ujar Pratikno.

Setelah sejumlah prosesi militer dan kenegaraan dilakukan, jenazah Almarhum Arifin Panigoro akhirnya mulai dibawa menuju ke pemakaman untuk kemudian langsung dikebumikan.

Berlangsung Khidmat

Jenazah Almarhum Arifin Panigoro telah dimakamkan sekitar pukul 11.00 WIB, di pemakaman keluarga kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Prosesi pemakaman berlangsung dengan khidmat dan upacara kenegaraan itu dipimpin langsung oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Pemakaman Almarhum Arifin Panigoro yang berlangsung secara kenegaraan itu juga turut disaksikan oleh keluarga besar, kerabat, tokoh-tokoh masyarakat serta rekan-rekan Almarhum, dan juga para pekerja dari Medco Group.

Komisaris MedcoEnergi, Yaser Raimi A. Panigoro, saat mewakili pihak keluarga di pidato pemakaman, mengungkapkan kesan terakhirnya tentang sosok Almarhum yang begitu gigih berjuang dan mengabdi di berbagai bidang hingga akhir hayatnya.

"Seperti yang terucap dalam orasi ilmiahnya saat beliau mendapat gelar doktor honoris causa, 'Dengan cinta setia sampai akhir hayatku, Aku bersumpah dari lubuk kalbuku, bahwa jasadku dan apa milikku kupersembahkan padamu, wahai Tanah Airku'," ujar Raimi mengulangi pidato almarhum Arifin Panigoro.

Selain itu, Raimi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu seluruh proses, sejak pengobatan Almarhum Arifin Panigoro ke Amerika Serikat hingga kepulangannya ke Tanah Air.

"Mewakili keluarga, kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sejak proses kepergian Almarhum untuk berobat ke Rochester, Amerika Serikat, saat perawatan di sana, pemulangan jenazah ke Indonesia hingga prosesi pemakaman," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, pendiri Medco Group, Almarhum Arifin Panigoro, meninggal dunia pada Senin 28 Februari 2022 di Rochester, Amerika Serikat. Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya setelah mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit setempat.

Mendiang Arifin Panigoro yang lahir pada 14 Maret 1945 di Bandung tersebut, merupakan pendiri dan pemilik Medco Group yang berdiri sejak 1980 di Indonesia. 

Semasa hidup, Almarhum yang dikenal dengan julukan 'Raja Minyak Indonesia' itu merupakan pendiri Medco Group. Arifin juga merupakan salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya