Ukraina Tak Lagi Ngotot Masuk NATO, Rupiah Hari Ini Menguat

Uang kertas rupiah dan dolar AS.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Kamis pagi 10 Maret 2022, pukul 09.12 WIB. Rupiah menguat sebesar 0,35 persen ke posisi Rp14.295 per dolar AS dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp14.341 per dolar AS.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp14.371 per dolar AS.

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan menguat hari ini. Dikarenakan sentimen pasar terhadap aset berisiko kembali terlihat positif pagi ini.

Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah

“Ketegangan yang sedikit mereda di Ukraina membantu sentimen positif tersebut. Presiden Ukraina mengatakan tidak lagi mendesak keanggotaan NATO yang menjadi salah satu alasan Putin menginvasi Ukraina,” ujar Ariston kepada VIVA, Kamis 10 Maret 2022.

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Selain itu, harga minyak mentah juga terlihat menurun. Dengan itu, juga dapat membantu penguatan rupiah hari ini.

Ariston menuturkan, dari dalam negeri, kebijakan pemerintah yang  melonggarkan aktivitas ekonomi dan bersiap masuk ke fase endemi juga membantu penguatan rupiah.

“Tapi di sisi lain, dolar AS terlihat menguat terhadap mata uang regional dan utama dunia pagi ini. Ini bisa menahan penguatan rupiah,” jelasnya.

Adapun penguatan dolar juga bisa disebabkan oleh kemungkinan kebijakan kenaikan suku bunga acuan AS yang akan diumumkan minggu depan. Dan situasi perang mendorong kenaikan inflasi global dan juga AS bisa memaksa The Fed menaikan suku bunga acuannya.

Untuk potensi penguatan rupiah terhadap dolar AS pagi ini berada di kisaran Rp14.300, dengan resisten di kisaran Rp15.380. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya