Awal Pekan, Rupiah Dibuka Melemah Rp14.309 per Dolar AS

Rupiah melemah terhadap dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Senin pagi 14 Maret 2022, pukul 09.08 WIB. Rupiah melemah  sebesar 0,08 persen ke posisi Rp14.309 per dolar AS dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp14.301 per dolar AS.

Rupiah Tumbang ke Level Rp 15.884 per Dolar AS

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau Jumat sore, mematok rupiah di angka Rp14.306 per dolar AS.

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah hari ini masih akan tertekan terhadap dolar AS. Hal itu dikarenakan isu kenaikan bunga acuan AS yang akan agresif pada pekan ini, dan menjadi penguat dolar AS terhadap nilai tukar lainnya.

Rupiah Ambruk Pagi ini ke Rp 15.841 per Dolar AS

“Dengan tingkat inflasi di AS yang menunjukan tren naik seperti rilis data inflasi konsumen terakhir pekan lalu. Bank Sentral AS dipastikan akan menaikan suku bunga acuannya, paling tidak 25 basis poin,” kata Ariston kepada VIVA, Senin 14 Maret 2022.

Adapun dengan Bank Sentral menaikan suku bunga acuan, dimungkinkan akan menunjukkan sikap yang lebih agresif di bulan-bulan berikutnya. Sementara itu, untuk yield obligasi pemerintah AS juga mengalami kenaikan.

Ekspedisi Rupiah BI ke Daerah 3T Raih Penghargaan Internasional

“Yield tenor 10 tahun menembus ke atas 2 persen. Kenaikan yield ini menunjukkan antisipasi pasar terhadap kenaikan suku bunga acuan AS karena inflasi yang meninggi,” ujarnya.

Ariston melanjutkan, di sisi lain meski serangan yang dilakukan Rusia ke ibukota Ukraina semakin intense. Rusia juga mengabarkan kemajuan dalam negosiasinya dengan Ukraina di hari Minggu kemarin.

“Ini menjadi kabar baik bagi pasar keuangan bahwa perang akan segera berhenti. Rusia dan Ukraina dijadwalkan akan melanjutkan pembicaraan di pekan ini,” jelas Ariston.

Adapun potensi pelemahan rupiah terhadap dolar AS hari ini, berada pada kisaran Rp14.350-Rp14.380. Dengan potensi support di kisaran Rp14.280.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya