PLN Pasok Listrik 170 MVA ke Smelter Freeport Gresik

MoU PLN dengan operator Smelter Freeport di Gresik
Sumber :
  • Ist

VIVA – PT PLN (Persero) siap memasok kebutuhan listrik sebesar 170 MVA (Mega Volt Ampere) ke fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral ( smelter) milik PT Freeport Indonesia, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Laba Bersih TBS Energi Utama 2023 Naik 77,8 Persen

Komitmen tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) antara PLN dan PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), sebagai operator KEK Gresik. 

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana berharap, dengan menggunakan listrik PLN maka industri smelter di Tanah Air akan bisa semakin efisien ke depannya.

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

"Harga listrik yang kompetitif menjadi faktor penting, khususnya bagi industri hilir. Kami mendorong semua industri di Indonesia bisa memanfaatkan listrik dari PLN," kata Rida dalam keterangan tertulis, Selasa 15 Maret 2022.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengatakan, listrik merupakan kebutuhan dasar untuk mendukung kegiatan bisnis dan industri. Karenanya, PLN berkomitmen memenuhi kebutuhan listrik dan memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pelanggan, termasuk pelanggan Industri smelter.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

"Peran PLN ialah melayani dan menyediakan pasokan listrik yang handal, berkualitas, dan harga yang kompetitif bagi pelanggan industri smelter di seluruh Indonesia, termasuk proyek smelter PT Freeport Indonesia," kata Bob.

Dia menjelaskan, penyediaan tenaga listrik oleh PLN kepada PT Freeport Indonesia melalui PT BKMS dilakukan dalam empat tahap. Tahap pertama yakni sebesar 30 MVA pada September 2023, tahap kedua sebesar 60 MVA pada 26 Desember 2023, tahap ketiga sebesar 110 MVA pada Maret 2024, dan tahap empat sebesar 170 MVA pada Juni 2024. 

"Penandatanganan PJBTL PB 170 MVA dengan BKMS 100 persen untuk menyuplai smelter PT Freeport Indonesia yang ada di kawasan KEK Gresik," ujarnya. 

Diketahui, penyediaan ketenagalistrikan untuk smelter PT Freeport Indonesia dipasok melalui dua subsistem 150 kV, yaitu subsistem Krian 3,4 dan subsistem Ngimbang masing-masing dua sirkuit. 

Dalam PJBTL ini, smelter PT Freeport Indonesia menjadi pelanggan listrik premium platinum. Sementara dalam mendukung penyediaan pasokan listrik dari energi hijau, PLN memiliki produk terbaru yaitu Renewable Energy Certificate (REC). Dimana, 1 unit REC merepresentasikan 1 MWh energi baru terbarukan pada suatu pembangkit dalam waktu tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya