Sri Mulyani Ungkap Habiskan Uang Triliunan Sukseskan Ajang MotoGP

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • Dokumentasi kementerian Keuangan.

VIVA – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan dalam menyukseskan penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika ada andil APBN di sana. Dana itu ada di Penyertaan Modal Negara (PMN) dan digunakan dalam acara MotoGP. 

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Tak tanggung-tanggung dalam menyukseskan perhelatan tersebut pemerintah telah mengalokasikan dana bernilai triliunan kepada Indonesia Tourism Development Corporation (TDC) melalui PNM dengan nilai Rp1,3 triliun.

Selain itu, pengalokasian APBN juga dilakukan melalui kementerian dan lembaga (K/L) sebesar Rp1,8 triliun. Kemudian, Intensif PPN atas jasa kena pajak Rp240,73 miliar, serta insentif bea masuk dan pajak impor sebesar Rp10,41 miliar.

Kesaksian Menkeu soal Bansos di MK Dinilai Banyak yang Tak Sesuai Fakta di Lapangan

Baca juga: Hujan di Sirkuit Mandalika, Pawang: Sesuai Permintaan Pembalap

“#Uangkita turut berkontribusi dalam mendukung perhelatan akbar ini antara lain melalui, PMN dan dukungan kepada K/L terkait, insentif PPN dan insentif bea masuk dan pajak impor. Seluruh dukungan tersebut diberikan demi kelancaran acara yang sudah dinanti-nantikan ini,” kata Sri Mulyani melalui Instagramnya, Sabtu 19 Maret 2022.

Sri Mulyani Bertemu Presiden ADB Bahas Transisi Energi hingga Pensiun Dini PLTU

Adapun sirkuit Mandalika yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB), tersebut memiliki panjang lintasan 4,31 kilometer, dengan total tikungan sebanyak 17 tikungan. Ani sapaan akrabnya menuturkan, dalam ajang MotoGP tersebut telah dinanti-nantikan masyarakat Indonesia selama 25 tahun.

“25 tahun menunggu, Indonesia kembali menjadi tuan rumah rangkaian balap MotoGP. Bangga!,” jelasnya.

Pemerintah sapkan Infrastruktur TIK lebih memadai di MotoGP Mandalia 2022

Photo :
  • Motogp

Selain itu, berkat terselenggarannya perhelatan tersebut kegiatan perekonomian penduduk sekitar turut berkembang. Di mana para pembalap MotoGP juga ikut memeriahkan acara, dengan menggunakan atribut khas Indonesia seperti topi caping.

“Mereka juga membagikan momen-momen menyenangkan bersama para pelaku UMKM Lombok selama persiapan acara. Semoga euphoria ini bisa berdampak positif untuk masyarakat Lombok dan dunia semakin mengenal Indonesia,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya