Jokowi: Industri Keuangan Syariah Punya Prospek Sangat Cerah

Presiden Jokowi di Jakarta Inacraft 2022.
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Infomasi Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo memberikan sambutannya dalam acara Global Islamic Investment Forum atau GIIF 2022. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan bahwa industri keuangan syariah saat ini memiliki prospek yang sangat cerah.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

"Industri keuangan syariah memiliki prospek yang sangat cerah, dalam 10 tahun terakhir, aset-aset dalam pengelolaan dan bagian dari indsutri keuangan syariah meningkat lebih dari 300 persen menjadi hampir mencapai 288 triliun USD," kata Jokowi, Jumat 25 Maret 2022

"Bahkan, di era pandemi juga terus meningkat, pada tahun 2020, total aset meningkat sebesar 13,7 persen dan tahun 2021 meningkat menjadi 17,1 persen," ujarnya.

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

Presiden Jokowi.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Indonesia, kata Jokowi, memiliki potensi yang sangat besar dalam industri keuangan syariah dan industri halal. Pangsa pasar industri syariah di tahun 2024 diproyeksikan akan terus tumbuh hingga mencapai US$3,69 triliun berdasarkan proyeksi sebelum pandemi. 

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

"Pangsa pasarnya diperkirakan tumbuh hingga mencapai 8,6 triliun USD. sedangkan Indonesia diproyeksikan memiliki pangsa pasar 1,5 triliun USD. Potensi ini sangat potensial untuk ditingkatkan," kata Jokowi

Dia menambahkan, Indonesia memiliki penduduk muslim terbesar di dunia, dan memiliki jutaan jemaah haji, bahkan Indonesia menjadi negara dengan penggerak industri perhajian yang terbesar di dunia.

"Oleh karena itu, Badan Pengelola Keuangan Haji, BPKH memiliki peran kunci sebagai peggerak perubahan untuk mengoptimalkan kondisi keuangan syariah melalui penempatan di bank-bank syariah dan investasi baik di dalam maupun di luar negeri," ujarnya

BPKH, lanjut Jokowi, harus mampu menjadi katalis dan penggerak yang aktif untuk mebangun dan menjadikan Indonesia seagai HUP investasi dan industri halal. Dengan menjalin kolaboriasi dengan berbagai entitas di dalam maupun di luar negeri, dengan mengoptimalkan kontribusi UMKM dan pesantren dalam pengembangan indsutri halal.

"Potensi kerja sama industri hala dan keuangan syariah harus terus diperluas, dikembangkan dengan berbagai pihak, kerja sama antara layanan perhajian dengan industri keuangan syariah, dan dengan industri halal harus terus ditingkatkan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya