Warga Antre Sejak Pagi Demi Minyak Goreng Curah Rp14.000 per Liter

Sejumlah warga rela mengambil minyak goreng dengan jeriken setelah mengantre kupon pembelian minyak goreng sejak jam 08.00 WIB, demi mendapat harga yang miring disediakan Toko Liem dekat Pasar Rawa Badak, Koja, Jakarta Utara, Selasa 29 Maret 2022..
Sumber :
  • Antara/Abdu Faisal

VIVA – Sejumlah warga ‘menyerbu’ Toko Liem yang menjual minyak goreng curah dengan harga murah di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Mereka mengantre sejak pukul 08.00 WIB.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Warga Jakarta Utara tersebut mengaku rela mengantre sejak pagi hari, guna mendapatkan kupon penjualan minyak goreng murah.

"Saya dari jam 08.00 dapat antrean nomor 158. Kalau tidak mengantre, nanti tidak kebagian," ujar pedagang gorengan Ricky (62) yang ikut mengantre di Jakarta Utara seperti dillansir dari Antara, Selasa, 29 Maret 2022.

Jelang Putusan MK, Polisi Imbau warga Hindari Kawasan Monas hingga Merdeka Barat

Minyak goreng curah di Pasar Palmerah, Jakarta Barat.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Ricky rela mengantre untuk membeli minyak goreng karena karena harga minyak goreng tersebut Rp14.000 per liter.

Oknum Polisi di Kolaka Diduga Keroyok Warga, Korban Sempat Ditodong Pistol

Toko Itu Satu-satunya yang Menjual Minyak Goreng Murah di Kawasan

Warga asal Koja bernama Roni (32) menyebutkan Toko Liem merupakan satu-satunya toko yang menyediakan harga murah di dekat Pasar Rawa Badak.

"Enggak ada lagi, cuma di sini," ujar Roni.

Roni mendapat nomor antrean 174 meski mengantre sejak pukul 09.00 WIB. Ia menilai adanya toko yang menyediakan minyak goreng berharga murah sangat dibutuhkan masyarakat saat ini.

"Harapannya, penjualan seperti ini bisa lebih banyak lagi. Dimurahin juga lah minyak goreng, sembako, lain-lain, supaya masyarakat terbantu juga," kata Roni.

Roni mengungkapkan pemilik Toko Liem membatasi warga membeli minyak goreng maksimal 10 liter dengan harga sesuai yang disesuaikan pemerintah. Pantauan di lokasi, Toko Liem menjual minyak goreng curah yang diantar dua truk tangki.

Harga Minyak Goreng Curah Rp14.000 per Liter Sulit Ditemukan

Diketahui, pemerintah menetapkan harga eceran tertinggi untuk minyak goreng curah sebesar Rp14.000. Namun harga tersebut susah ditemukan, bahkan di Pasar Rawa Badak, minyak goreng curah dijual Rp14.500.

Pedagang Pasar Rawa Badak Arifin menyebutkan jika menjual seperti ditetapkan pemerintah, maka semestinya harga yang didapat dari distributor bisa lebih murah. Tapi harga eceran minyak goreng dari agen sebesar Rp17.000 per kilogram.

"Ini kenyataan di lapangan, kami tidak pernah mendapat harga agen segitu. Ini kenyataan di lapangan," tutur Arifin.

Karena itu, Arifin lebih memilih menjual minyak goreng kemasan yang lebih mudah dijual karena dijual dalam satuan liter seharga Rp23.000 dan bisa dijual ke konsumen seharga Rp25.000 per liter. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya