Siapkan Rp175 Triliun, BI Buka Penukaran Uang Baru via Aplikasi

Penukaran Uang Jelang Lebaran
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Setelah sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Bank Indonesia (BI) akhirnya kembali meluncurkan layanan jasa penukaran uang kas keliling saat Ramadhan.

Neraca Perdagangan RI pada Maret 2024 Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi Indonesia

Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman memastikan, kembali layanan ini juga akan membawa inovasi baru yang telah disesuaikan untuk kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini.

"Layanan penukaran uang bagi masyarakat telah kita buka kembali, ditambah dengan adanya inovasi pemesanan secara online melalui aplikasi 'Si Pintar'," kata Aida dalam telekonferensi, Senin 4 April 2022.

Kinerja Industri Pengolahan RI Kuartal I-2024 Moncer, BI: Ada di Fase Ekspansi

Baca juga: Tren Perdagangan Makin Membaik, Kemenkeu: Perekonomian RI Bergerak

Aida menjelaskan, dengan pemanfaatan layanan penukaran uang melalui aplikasi Si Pintar ini, diharapkan akan mampu menghindari adanya kerumunan dan risiko penularan COVID-19.

Kinerja Seluruh Sektor Lapangan Usaha Kinclong Kuartal I-2024, BI Kasih Buktinya

Selain mempermudah, pemanfaatan aplikasi Si Pintar ini menurutnya juga akan memberikan aspek kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat, terutama dari segi jumlah dan kualitas uang yang akan ditukarkan. 

"Jadi nanti Bapak/Ibu bisa mengakses situsnya, dan melakukan pemesanan sesuai apa yang diinginkan di sana, berapa jumlahnya, dan pada tanggal berapa," kata Aida.

Dia menambahkan, aplikasi Si Pintar ini juga telah dapat digunakan untuk jasa layanan penukaran uang di seluruh Indonesia.

"Si Pintar ini ada di seluruh Indonesia, di seluruh kantor pusat dan kantor perwakilan. Jadi silahkan dicoba gunakan layanan ini," ujarnya.

Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI, Rp.75.000

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Diketahui, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada bulan Ramadhan dan di Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah atau tahun 2022 ini, BI telah menyiapkan uang tunai layak edar sebesar Rp175,26 triliun atau naik 1,47 persen dari realisasi tahun 2021 lalu.

Apalagi, BI juga telah bersinergi dengan para pihak perbankan, untuk bisa memberikan layanan jasa penukaran uang Rupiah bagi masyarakat yang berada di 5.013 titik penukaran.

Jumlah tersebut meliputi 453 titik penukaran di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan 4.560 titik di luar Jabodebek. Layanan penukaran uang tersebut telah mulai tersedia pada hari ini, 4 April 2022 hingga Jumat 29 April 2022 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya