Satgas Waspada Investasi: Korban Investasi Ilegal Banyak Intelektual

Ketua Satgas Waspada Investasi OJK, Tongam L Tobing.
Sumber :
  • M Yudha Prastya/VIVA.co.id

VIVA – Saat ini investasi ilegal telah menelan banyak korban. Banyak masyarakat merasa dirugikan akibat masuk ke dalam investasi ini. Para affiliator investasi ilegal seperti Indra Kenz dan Doni Salmanan juga telah diamankan oleh pihak Kepolisian.

Menhub akan Usulkan ke Jokowi: Pekerja WFH untuk Cegah Kepadatan Arus Balik Lebaran

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L Tobing mengungkapkan para korban investasi ilegal banyak dari masyarakat yang memiliki intelektual.

“Masyarakat kita sudah tahu itu ilegal. Dia sudah tahu, karena banyak sekarang ini para masyarakat yang ikut investasi ilegal adalah orang-orang intelektual sebenarnya. Intelektual yang kena tipu,” jelas Tongam dalam telekonferensi, Rabu 6 April 2022.

8 Negara Terbaik untuk Bekerja Secara WFH

Baca juga: Catat, Per 1 Mei 2022 Aset Kripto Resmi Dikenakan Pajak

Tongam mencontohkan, dari robot trading melalui binary option banyak dari korban investasi ini adalah pekerja kantoran. Di mana menurutnya bila secara rasional para pekerja seharusnya tidak terjebak dalam kegiatan ini.

Jika Produktivitas Pekerja Meningkat, Menaker Dukung Mudik dan Balik Gratis

“Sangat banyak harusnya orang-orang yang bekerja di kantoran mengetahui, bahwa tidak mungkin lah perdagangan berjangka komoditi perdagangan Forex. Untuk terus naik antara 10-13 persen per bulan dan diberikan,” tegasnya.

Tongam mengatakan, seharusnya orang yang berpendidikan tidak percaya akan keuntungan tersebut. Tetapi, hal itu tak bisa dicegah sebab rasionalitas kalah oleh keinginan untuk mendapatkan keuntungan secara cepat.

Posko pengaduan korban binary option dan robot trading illegal

Photo :
  • Istimewa

“Makanya muncul masyarakat yang memang ketika menikmati keuntungan itu nggak lapor sama siapa-siapa. Tapi setelah rugi ya teriak, ya ini memang perilaku orang-orang yang menurut kami intelektual, yang memahami risiko dari investasi itu,” ujarnya.

Selain itu, masyarakat yang memiliki tingkat pengetahuan rendah juga menjadi korban investasi ilegal ini. Togam menuturkan, hal itu disebabkan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai produk-produk investasi.

“Pengetahuan mengenai investasi mereka tidak tahu produk-produk itu diikuti kemudian mereka mendapatkan untung kemudian mereka rugi atau ditipu. Karena literasinya mungkin rendah ya,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya