UMKM Terdampak Gejolak Bahan Bakar-Pangan, Ini Solusinya

 Ketua Umum Gerakan Nasional UMKM Bangkit Teguh Anantawikrama
Sumber :
  • Instagram @teguhtatong

VIVA – Ketua Umum Gerakan Nasional UMKM Bangkit, Teguh Anantawikrama mengatakan dari adanya gejolak harga bahan bakar dan bahan pokok yang terjadi saat ini. Akan berdampak kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

Adapun dengan hal itu, Teguh mengusulkan untuk membangun sebuah Universe UMKM, yang menyambungkan ke berbagai platform inisiatif yang sudah ada. Hal itu diharapkan mampu menjadi efisiensi pada berbagai aspek penunjang keberlangsungan hidup UMKM.

Teguh Anantawikrama

Photo :
  • Istimewa
Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

“Naif jika kita beranggapan semua akan baik baik saja mengingat daya tahan pelaku UMKM yang terkenal tahan banting. Banyak hal tentu harus dilakukan bersama sama oleh seluruh komponen bangsa, agar bisa tetap bertahan dan keluar dari kesulitan,” kata Teguh dalam keterangan, Senin 11 April 2022.

Teguh menjelaskan, masalah mendasar terdapat pada aspek supply chain seyogyanya atau rantai pasok. Di mana dengan itu harus diselesaikan dengan pendekatan ekosistem yang menyeluruh. Dengan adanya Universe UMKM keberlangsungan akan terjadi mulai dari rantai pasok, akses pasar modal.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

“Dan akses pada pasar dan berbagai hal yang akan saling dukung menuju situasi yang memungkinkan setiap bagian dari universe tersebut, menikmati bagian dari kegiatan bersama yang menguntungkan,” jelasnya.

Dia mengatakan, dari itu sudah saatnya menyamakan pandangan, dan tujuan bahwa masyarakat harus bangkit bersama. Dalam sebuah gerakan untuk Indonesia yang adil dan makmur.

“Semoga semangat kebersamaan Ramadhan bisa menjadi pembangkit semangat berjuang bangkit bersama,” tandasnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya