Menteri PUPR: Pelebaran Tol Jakarta-Cikampek Rampung H-10 Lebaran

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek Jalan tol Jakarta-Cikampek.
Sumber :
  • Dok. Kementerian PUPR

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, meninjau Jalan Tol Jakarta-Cikampek jalur B (KM 67-KM 50). Di mana pengecekan dilakukan sebagai kesiapan untuk jalur mudik Lebaran 2022.

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

Pada peninjauan yang dilakukan, Basuki mengatakan pelebaran jalan pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek dilakukan sebagai antisipasi ruas fungsional terbatas. Pada arus balik Lebaran khususnya kendaraan kecil.

"Jadwal pekerjaan hingga H-10 Lebaran 2022 tinggal 12 hari lagi, harus dikejar progresnya agar bisa fungsional saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 nanti," ujar Basuki dalam keterangannya, Selasa 12 April 2022.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Baca juga: Promosi Jalur Pansela Jawa, Menteri Basuki: Siap untuk Mudik 2022

Selain itu Basuki juga berpesan setelah pembangunan jalan tol selesai dilakukan pengerjaan pelebaran. Agar kembali dihijaukan di sisi pinggir bahu jalan dengan ditanami pohon.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Adapun berdasarkan data, total pelebaran jalan yang dilakukan sepanjang 11,73 kilometer (km), dengan progress hingga awal April 2022 sebesar 15,9 persen. Dengan itu maka ditargetkan hingga H-10 Lebaran 2022 pekerjaan pelebaran sudah mencapai 9 km.

“Dan dapat dibuka fungsional saat arus mudik dan arus balik, untuk kemudian dilanjutkan pekerjaan setelahnya,” katanya.

Sementara itu, sebelum meninjau Jalan Tol Jakarta-Cikampek jalur B. Basuki terlebih dahulu meninjau kesiapan Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM 360 Tol Semarang-Batang. Dalam tinjauannya tersebut Basuki meminta untuk dilakukan penambahan minimal 50 toilet.

Sejumlah kendaraan mobil golongan satu melintas di atas jalan Tol Layang (Elevated) Jakarta - Cikampek (Japek) di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (15/12/2019).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

"Sebagai antisipasi banyaknya pemudik, siapkan tambahan minimal 50 toilet sementara. Dibuat sebanyak mungkin di tempat yang tidak membuat macet dan dibuat serapi mungkin," ujarnya.

Dalam tinjauannya kali ini, turut hadir juga Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja.

Kemudian, Kepala BPJT Danang Parikesit, Direktur Preservasi Jalan Nasional Akhmad Cahyadi, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY Wida Nurfaida, Direktur Utama PT Jasa Marga Subakti Syukur dan Direktur Operasi 3 PT Waskita Karya Bambang Rianto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya