Laba Bersih BRMS Naik Signifikan ke Level US$69 Juta di 2021

PT Bumi Resources Minerals Tbk (ilustrasi)
Sumber :
  • Dokumentasi PT Bumi Resources Minerals Tbk.

VIVA – PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) menyampaikan kinerja keuangan yang terus membaik. Laba bersih anak usaha PT Bumi Resources Tbk (BUMI) itu naik signifikan menjadi US$69 juta pada 2021.

Harga Emas Global dan Antam Terus Tembus Rekor Tertinggi saat Konflik di Timur Tengah Memanas

"Laba Bersih BRMS mengalami kenaikan yang signifikan, meningkat dari US$4 juta di tahun 2020 menjadi US$69 juta di tahun 2021," kata Direktur Utama & CEO BRMS, Agus Projosasmito lewat keterangan tertulis, Kamis 14 April 2022.

Fasilitas produksi Bumi Resources Minerals di proyek emas Palu

Photo :
  • Bumi Resources Minerals
Warga Brebes Ramai-ramai Gadai Emas Usai Dipakai Lebaran

Dijelaskan, pendapatan perusahaan meningkat dari US$8,3 juta di tahun 2020 menjadi US$10,5 juta di tahun 2021. Volume produksi emas BRMS juga naik dari 73 kg di tahun 2020 menjadi 139 kg di tahun 2021.

Agus melanjutkan, peningkatan laba tersebut disebabkan karena adanya Pendapatan Lain-lain pada tahun 2021 senilai US$118 juta. Pendapatan Lain-lain tersebut tidak secara rutin dibukukan oleh perusahaan.

Harga Emas Hari Ini 18 April 2024: Antam Tembus Rekor Termahal, Global Naik

Sekitar US$90 juta dari Pendapatan Lain-lain tersebut berasal dari penyelesaian tagihan oleh pihak ketiga terhadap anak usaha BRMS, dalam bentuk tunai maupun dalam bentuk hak atas saham sebesar 80 persen pada PT Suma Heksa Sinergi (operator proyek tambang emas 'Kerta' di Lebak, Banten).

Penyelesaian tagihan tersebut dibukukan sebagai Pendapatan Lain-lain di laporan laba rugi perusahaan, dikarenakan tagihan tersebut sebelumnya telah mengalami penurunan nilai di tahun 2018.

Sedangkan sisa US$28 juta dari Pendapatan Lain-lain tersebut merupakan penghapusan utang dan penilaian persediaan, yang telah dibukukan pada semester pertama 
tahun 2021.

"Pertama, Pendapatan Lain-lain dalam bentuk penyelesaian tagihan, penilaian persediaan, dan penghapusan utang tersebut tidak dibukukan secara rutin oleh perusahaan. Ke depannya, kami berharap untuk dapat lebih mengandalkan kenaikan Pendapatan dari produksi emas kami untuk dapat meningkatkan laba bersih perusahaan," kata Agus.

"Dan kedua, kepemilikan BRMS atas proyek tambang emas Kerta masih menunggu penyelesaian dokumen-dokumen terkait dan persetujuan dari Pemerintah. Kami percaya bahwa proyek tambang emas Kerta akan berdampak positif terhadap kinerja keuangan BRMS di masa mendatang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya