Persepsi Konsumen RI soal Layanan Pengiriman E-Commerce, Siapa Juara

Ilustrasi E-commerce.
Sumber :
  • DealStreetAsia

VIVA – Perusahaan riset pasar atau market research global yang ada di Indonesia, Ipsos, mengumumkan hasil survei terbarunya mengenai persepsi konsumen terhadap layanan pengiriman pada platform e-Commerce.

Kado Pernikahan Peralatan Rumah Tangga buat Sahabat, Pasti Bermanfaat

Survei dilakukan mengingat, layanan pengiriman menjadi salah satu faktor penting yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih platform e-Commerce ketika akan berbelanja secara online. Selain kualitas dan harga produk, banyaknya promosi, pilihan metode pembayaran, customer service, rating atau review toko.

Dikutip Senin, 18 April 2022,  Survei ini diadakan secara tatap muka, pada Januari 2022 lalu. Dengan melibatkan 1.051 responden yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia. Hasilnya, Tokopedia dinilai unggul dengan layanan pengiriman terbaik, tercepat, dan terlengkap di antara e-Commerce lainnya. 

DJKI - Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis

Di sisi lain, mayoritas konsumen juga menilai produk yang ditawarkan atau dijual di e-Commerce Tokopedia memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya. Layanan pengiriman mencakup durasi pengiriman, variasi atau pilihan jasa pengiriman atau kurir, serta fitur pelacak atau tracking pengiriman. 

Lioni Halim, Research Director Brand Health Tracking Ipsos in Indonesia menjabarkan, ketiga hal tersebut sangatlah berkaitan satu sama lain. Serta penting bagi pengalaman berbelanja serta kepuasan konsumen.

Fakta, Produk Tembakau yang Dipanaskan Minim Digunakan Remaja di Negara-Negara Maju

Dia menjabarkan bahwa terkait durasi pengiriman, mayoritas responden (52 persen) mengakui Tokopedia sebagai e-Commerce dengan layanan pengiriman tercepat. Shopee berada di urutan kedua (45 persen), lalu Lazada 43 persen, OLX 40 persen, dan Bukalapak diurutan kelima sebesar 30 persen.

"Layanan pengiriman merupakan hal yang krusial karena sangat berpengaruh terhadap pengalaman belanja dan tingkat kepuasan konsumen. Banyaknya pilihan jasa pengiriman yang disediakan akan memberikan kepuasan tertentu bagi konsumen," ujar Lioni dikutip dari keterangannya. 

Sementara itu, dalam variasi layanan pengiriman, Tokopedia unggul dibandingkan e-Commerce lainnya. Sebanyak 33 persen responden menilai Tokopedia menawarkan pilihan layanan pengiriman lebih banyak. Posisi kedua ditempati oleh Shopee dengan persentase 28 persen, kemudian disusul Lazada (26 persen) di urutan ketiga, Blibli (25 persen) keempat, dan OLX (20 persen) kelima.

Kemudian terkait fitur pelacakan, 29 persen responden menilai Tokopedia memiliki fitur pelacak pengiriman atau orderan yang informatif. Pada urutan kedua, Shopee (18 persen), Lazada 16 persen, Bukalapak dan Blibli 11 persen.

E-commerce.

Photo :
  • Unsplash

"Terlebih lagi ketika layanan pengiriman tersebut baik, cepat, dan mudah dilacak. Dari hasil survei ini, dapat disimpulkan layanan pengiriman Tokopedia unggul dibandingkan merek e-Commerce lainnya,” ungkapnya. 

Sedangkan soal kualitas produk, dari data yang diperoleh, diketahui bahwa mayoritas konsumen (74 persen) menilai produk-produk yang tersedia atau dijual di Tokopedia memiliki kualitas yang paling baik. Diikuti oleh Shopee dan Lazada yang memiliki persentase yang sama, yaitu 63 persen, lalu Bukalapak 50 persen, dan OLX 40 persen. 

Lebih lanjut, pada survei ini juga diketahui media sosial milik Shopee (54 persen) paling populer di kalangan pengguna e-Commerce, popularitas posisi kedua diduduki oleh media sosial Lazada 41 persen, disusul Tokopedia 40 persen, Bukalapak 21 persen, dan Blibli 29 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya