Erick Thohir Optimis Pertamina Jadi Integrator Ekonomi Indonesia

Menteri BUMN, Erick Thohir di Pertamina.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyebut bahwa sebagai BUMN, Pertamina merupakan integrator atau sebagai mesin penggerak perekonomian Indonesia.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

"Pertamina ini adalah integrator pertumbuhan ekonomi Indonesia. Yang tadinya hanya minyak, sekarang mari kita lihat bahwa turunan produk Pertamina ke depan itu adalah pendukung dari pondasi negara kita," kata Erick dalam keterangan tertulis, Selasa 19 April 2022.

"Turunan dari petrochemical apa? Bahan baku obat, pakaian dan lain-lain. Inilah yang namanya transformasi dari Pertamina kita perlukan," ujarnya.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Baca juga: Mudik Asyik via Jalur Pansela Bonus Objek Wisata, Apa Saja?

Erick menambahkan, transformasi Pertamina diperlukan karena Pertamina akan bermain di semua lini bisnis. Dia juga optimis bahwa Pertamina sebagai integrator perekonomian Indonesia bisa menjadi perusahaan raksasa dunia.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

"Cucu perusahaan Pertamina saja hebat. Coba lihat rumah sakit Pertamina saat Covid yang terdepan. Sekarang bangun rumah sakit internasional di Bali untuk kanker," kata Erick.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menyambut baik apa yang diucapkan oleh Menteri BUMN tersebut.

Menteri BUMN Erick Thohir (Kanan), Dirut Pertamina Nicke Widyawati (Kiri).

Photo :
  • Repro video @erickthohir.

"Tentu ini menjadi semangat bagi kita ya, untuk terus melakukan yang terbaik bagi negeri ini. Push our limit, do the best. Karena saya di beberapa kesempatan mengatakan Pak Menteri ini selalu mengajak saya lari, oleh karenanya kita harus selalu siap," kata Nicke.

Diketahui, dalam kunjungan ke kantor Pertamina itu, Erick sempat berdiskusi ringan dengan para pekerja Pertamina yang ada di perairan Arab Saudi menuju Indonesia dan pekerja yang ada di Algeria.

Erick dan Nicke juga sempat berinteraksi langsung dengan komunitas pekerja Pertamina, di antaranya Pertastars (komunitas otomotif), Pertamina Runners (komunitas olahraga lari), Pertamina Basketball, Pertabike, Agent of Change, Pertamina eSport Competition 3.0, Pertamina Digital (Mita), Pertamina English Community dan Pertiwi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya