Lebaran 2022, Garuda Indonesia Group Siapkan 855 Ribu Kursi Pesawat

Miniatur Pesawat Airbus A330 Garuda Indonesia.
Sumber :
  • instagram @garuda.indonesia

VIVA – Dalam menghadapi momentum Lebaran 2022, Garuda Indonesia dan Citilink menyiapkan 855.119 kursi penerbangan baik untuk rute domestik maupun internasional.

Heru Budi Pastikan Pelayanan Publik Tetap Berjalan Optimal Usai Cuti Lebaran

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menjelaskan, optimalisasi ketersediaan kursi tersebut dilaksanakan melalui pengoperasian pesawat berbadan lebar, serta penambahan frekuensi di beberapa rute dengan permintaan yang tinggi selama periode 25 April-10 Mei 2022.

"Selama periode tersebut, Garuda Indonesia akan menyediakan sedikitnya 288.219 kursi yang akan dioperasikan dengan menggunakan sejumlah pesawat berbadan lebar diantaranya A330-300 dan A330-200 serta pesawat narrow body B737-800 NG," kata Irfan dalam keterangan tertulis, Selasa 19 April 2022.

Puluhan ASN di Tangerang Terapkan WFH Usai Terjebak Macet Arus Balik Lebaran

Baca juga: Mendagri Terbitkan SE, Minta Kepala Daerah Percepat THR dan Gaji ke-13

"Sementara Citilink menyiapkan hingga 566.900 kursi yang akan dilayani dengan menggunakan armada A320-200 dan ATR72-600," ujarnya.

Kondisi Terkini Fairuz A Rafiq, Dilarikan ke RS hingga Ngaku Menangis Saat Lihat Diri Sendiri

Irfan mengatakan, langkah ini adalah komitmen Garuda untuk mendukung kelancaran mobilisasi masyarakat melalui penyediaan aksesibilitas udara, seiring kembali diperbolehkannya perjalanan mudik masyarakat pada momentum Lebaran tahun ini.

“Kami memahami momen libur hari raya ini memiliki arti tersendiri di tengah antusiasme masyarakat, khususnya bagi mereka yang telah menantikan untuk melaksanakan mudik dalam merayakan hari kemenangan dengan keluarga di kampung halaman sejak dua tahun yang lalu," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Irfan, Garuda akan memastikan layanan penerbangan yang aman dan nyaman bagi momen khusus ini, supaya dapat terjaga dengan baik. Di mana tentunya juga turut diselaraskan dengan konsistensi penerapan protokol kesehatan pada seluruh lini operasional.

Ilustrasi Pesawat Citilink.

Photo :
  • Dok. Citilink

Dia menambahkan, optimalisasi kapasitas penerbangan Garuda diantaranya akan dilaksanakan di sejumlah rute penerbangan dengan demand yang tinggi. Di antaranya yakni Jakarta-Denpasar, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Medan, Jakarta-Jogja, Jakarta-Padang, Jakarta-Pontianak, Jakarta-Solo, Jakarta-Banjarmasin, Jakarta-Semarang, serta Jakarta-Balikpapan.

"Kami memproyeksi terdapat peningkatan trafik penumpang sebesar 35 persen pada periode peak season Lebaran mendatang. Tentunya potensi peningkatan ini akan terus bergerak dinamis sejalan dengan demand masyarakat untuk kembali melaksanakan perjalanan mudik," kata Irfan.

"Kami juga secara intensif berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan kelacaran arus mudik dan arus balik selama periode Lebaran tahun ini," jelas Irfan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya