Pupuk Kaltim Berdayakan UMK Terbar Bantuan Ramadhan

PT Pupuk Kaltim
Sumber :
  • Dokumentasi PT Pupuk Indonesia (Persero)

VIVA – BUMN Pupuk PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) berkomitmen menggenjot perekonomian nasional di periode Ramadhan tahun ini. Salah satunya dengan melalui program PKT Proaktif salurkan bantuan paket Ramadan 1443 Hijriah senilai Rp2,06 miliar.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Direktur Operasi dan Produksi PKT Hanggara Patrianta mengungkapkan, bantuan ini sebagai wujud kedekatan perusahaan dengan masyarakat sekaligus implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sesuai UU Nomor 19 tahun 2003.

"Total bantuan paket Ramadan tahun ini terbagi dalam sebelas program, mulai dari kepedulian bagi masyarakat secara umum hingga bantuan pembangunan sarana ibadah serta dukungan peningkatan ekonomi Usaha Mikro dan Kecil (UMK)," ujar Hanggara dikutip dari keterangannya, Rabu, 20 April 2022.

Bansos Sembako dan PKH Kembali Disalurkan, Pos Indonesia Wanti-wanti Ini

Ilustrasi UMKM.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Dia menjabarkan, program tersebut di antaranya Bazar Online Ramadan Baiturrahman bersama Borneos.co bagi UMK Bontang, dan dana pembangunan Pondok Pesantren Yayasan Raudlatul Ulum Kabupaten Kutai Timur senilai Rp30 juta. 

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Kemudian, bantuan renovasi mess musafir Ifthor Baiturrahman dan perlengkapan prokes Masjid Baiturrahman Rp49,3 juta. Serta beasiswa pendidikan Hafidz Qur’an bagi anak Rp50 juta. 

Selanjutnya bantuan dana operasional bagi sembilan panti asuhan di Bontang Rp90 juta, bantuan pembangunan Musala At Taubah dan Ma'rifatullah Bontang Rp100 juta, bantuan pembangunan 15 Masjid dan Musalla di berbagai wilayah Bontang Rp140 juta.

Lalu, bantuan pembangunan mess musyrif RQB Masjid Al-Mubarok Bontang Rp200 juta, Pengadaan listrik dan Genset bagi masyarakat Pulau Gusung Bontang Rp240,6 juta, bantuan 2.000 Alquran untuk Masjid Baiturrahman dan Papua Barat Rp250 juta, serta 3.300 paket sembako Ramadan bagi masyarakat Bontang Rp914 juta.

"Bantuan ini merupakan wujud nyata kehadiran PKT, sekaligus jalinan silaturahmi antara perusahaan dengan masyarakat dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan ini," tambah Hanggara.

Pada program ini, PKT turut memberdayakan UMK Binaan perusahaan untuk pengadaan seluruh kebutuhan paket yang disalurkan. Mulai dari tas kemasan yang diproduksi oleh mitra binaan di bidang jahit, pengadaan beras dari petani binaan, termasuk sembako hingga makanan ringan.

"Hal ini merupakan komitmen PKT untuk senantiasa memberdayakan UMK Bontang. Sehingga mampu mandiri serta bangkit dan kembali berdaya pascapandemi," tegasnya.

Pemberdayaan UMK binaan juga direalisasikan PKT setiap tahun, agar pelaku usaha kecil hingga mitra binaan bisa turut mendapat manfaat dari program ini sehingga mampu berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

"Hal ini juga bagian dari komitmen PKT untuk mendorong UMK kembali bangkit pascapandemi. dengan memberikan peluang serta kesempatan bagi mitra perusahaan untuk pengadaan paket Ramadhan," lanjut Hanggara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya