SMI Salurkan Pembiayaan Rp27 Triliun ke Pemda pada Kuartal I 2022

Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Edwin Syahruzad.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia/tangkapan layar.

VIVA – Perusahaan pembiayaan infrastruktur pelat merah PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI mencatatkan pertumbuhan pembiayaan kepada pemerintah daerah (Pemda) hingga Maret 2022 atau kuartal I-2022. Pembiayaan yang disalurkan sebesar Rp27 triliun atau tumbuh 132,2 persen.

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad mengungkapkan, aktivitas pembiayaan kepada pemerintah daerah menjadi sumber pertumbuhan perusahaan di tengah situasi saat ini yang tidak menentu.

“Jelas bahwa jika dilihat dari kontribusinya itu Rp27 triliun outstanding yang dihasilkan dari aktivitas pinjaman daerah itu mencerminkan 34 persen dari portofolio pembiayaan PT SMI,” ujar Edwin dalam telekonferensi, Kamis 21 April 2022.

Ekonomi Terus Pulih, OJK Umumkan Berakhirnya Stimulus COVID-19 Penilaian Kualitas Aset Sektor PVML

Ilustrasi pembangunan infrastruktur.

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Edwin mengatakan, pertumbuhan tersebut meningkat signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk penggerak pertumbuhan tersebut, dia mengatakan berasal dari aktivitas pinjaman dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pemerintah daerah.

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

“Saya juga mencatat sebaran dari portofolio pembiayaan dari SMI itu semakin hari kalau kita lihat, posisi per Maret yang luar Jawa itu sudah melebihi posisi pembiayaan atau sebaran pembiayaan kepada Pulau Jawa,” ungkapnya.

Adapun hingga akhir Maret 2022, Pulau Jawa memberikan kontribusi sebesar 37 persen. Sedangkan di luar Pulau Jawa telah berkontribusi sebesar 63 persen.

“Jadi ini semakin menunjukkan bahwa memang keberpihakan PT SMI juga sejalan dengan pertumbuhan dari aktivitas pinjaman kepada pemerintah daerah. Ini memang keberpihakan pemerintah daerah yang menggunakan atau memanfaatkan fasilitas PEN Pemda ini juga semakin tersebar ke daerah-daerah di luar Jawa,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya