Luhut Pernah Kesal Di-PHP Tesla, Kini Semringah Ketemu Elon Musk

Menko Luhut dan Elon Musk.
Sumber :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

VIVA –  "This country is not banana republic! This country is a great country!" kata Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan merespon telepon dari petinggi Tesla terkait wacana investasi Tesla di Indonesia pada akhir Maret lalu. 

Elon Musk Batalkan Kunjungan ke India, Ini Alasannya

Luhut memang sempat kesal dengan wacana tarik-ulur investasi Tesla di Indonesia. Setelah sebelumnya sempat batal dan lebih memilih India untuk membangun pabrik mobil listriknya di kawasan Asia. 

Dalam forum Closing Ceremony Business Martching Belanja Produk Dalam negeri 2022 yang digelar 24 Maret 2022 lalu, Luhut mengultimatum Tesla yang belum lama ini menghubunginya dan ingin membuat deal investasi lagi di Indonesia. 

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

Luhut pun mengungkit kepada Tesla bahwa dua tahun lalu pernah menyampaikan janji untuk mengembangkan baterai lithium di Indonesia. Namun, rencana itu batal karena perusahaan itu dinilai terlalu banyak mendikte.

"Saya bilang, 'Hey Anda itu dua tahun yang lalu sudah telepon saya mau bikin lithium baterai'. Anda semua mau mendikte, saya bilang, 'Hey you cannot do this. Today is different. Kita harus sama'. Saya bilang, 'Kamu nggak bisa begitu lagi. This country is not banana republic! This country is a great country!" cerita Luhut. 

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Saat ini menurut Luhut, Indonesia sudah memiliki kesepakatan bisnis dengan perusahaan baterai kendaraan listrik asal China dan Korea Selatan, yaitu CATL dan LG.

Terlebih pada tahun 2024, Indonesia ditargetkan akan mulai memproduksi lithium baterai. Luhut mengingatkan jika Tesla ingin masuk, maka perusahaan itu harus menuruti syarat yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia. 

Hal itu, lanjut Luhut, juga diterapkannya kepada investor lain, termasuk China. Sejumlah syarat yang diminta pemerintah Indonesia kepada investor asing diantaranya transfer teknologi, teknologi yang ramah lingkungan, wajib mendidik tenaga kerja lokal, serta memberikan nilai tambah. 

"Saya nggak mau kalau datang deal, jangan kau (Tesla) yang bikin syarat ke kami. Saya yang bikin syarat ke kamu karena itu yang saya lakukan kepada Tiongkok," tegasnya.

Titik Terang Investasi Tesla

Sebulan berselang, Menko Luhut dan rombongan akhirnya bertemu dengan CEO Tesla Elon Musk di Giga Factory Tesla, Austin, Texas di Amerika Serikat, Selasa, 26 April 2022. 

Coordinating Minister Luhut Pandjaitan with Tesla CEO Elon Musk in Texas USA

Photo :
  • tvOne/Yanri Subekti

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut, Luhut menyampaikan potensi yang dimiliki pemerintah Indonesia untuk menunjang sejumlah materi utama kendaraan listrik Tesla.

Baterai yang merupakan salah satu komponen utama Tesla bahan utamanya seperti nikel banyak sekali dimiliki Indonesia. Elon Musk terlihat antusias melihat potensi yang dimiliki Indonesia dan sangat berminat untuk menindaklanjuti pertemuan tersebut.

"Yang paling melegakan bagi saya adalah saat Elon menyampaikan alasan ketertarikannya kepada kerja sama kali ini, yaitu karena paparan saya tentang potensi besar Industri Nikel di Indonesia yang mengubah persepsinya karena ia anggap sangat menjanjikan untuk mampu men-supply bahan baku baterai mobil listrik, yang sangat dibutuhkan oleh Tesla tentunya sebagai salah satu produsen kendaraan listrik ternama," kata dia

Sementara Elon Musk mengaku sangat antusias dengan kerjasama kedepan dengan Indonesia. Pendiri Tesla dan SpaceX itu tak sabar ingin mengetahui bagaimana kelanjutan prospek kerjasamanya dengan Indonesia. "Saya kira pertemuan ini ditujukan untuk membahas peluang (investasi) di Indonesia, dan saya menantikan kedepannya," ujarnya

Menurut Menko Luhut, alam waktu dekat ini, tim dari Tesla akan berkunjung ke Indonesia mematangkan poin-poin investasi. "Kita berharap nantinya setelah tim Elon datang ke Indonesia, kita akan umumkan sesuatu," terang Menko Luhut.

Selain membahas soal peluang investasi, Menko Luhut juga menyampaikan rencana kunjungan Presiden Jokowi ke AS pada 14 Mei 2022 mendatang dan menyambangi Markas SpaceX. Elon menimpali permintaan Luhut dan menyatakan siap menyambut kunjungan Presiden Jokowi ke Markas SpaceX bulan Mei mendatang. 

"Sangat terhormat bagi kami untuk bisa bertemu Presiden (Jokowi)," ujar Elon Musk 

Dalam kunjungannya ke Texas, AS, Menko Luhut Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan beserta rombongan diajak berkeliling meninjau pabrik untuk melihat proses pembuatan mobil Tesla. Dari mulai perakitan bodi hingga siap untuk dijual.

Giga factory Tesla atau Giga Texas adalah pabrik tesla yang baru saja dibangun tahun 2020 lalu yang berada di Austin ibukota negara bagian Texas, Amerika Serikat. Fasilitas manufaktur otomotif ini merupakan pabrik terbesar di negara Paman Sam dan bangunan terbesar kedua di dunia berdasarkan volume. 

Tesla menargetkan akan memproduksi 500 ribu unit pada tahun 2022 ini. Salah satu kendala untuk mewujudkan target tersebut kekurangan chip komputer dan persaingan lebih besar bahan baku yang dibutuhkan untuk beterai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya