Erick Thohir Pede Sektor Penerbangan Pulih 6-8 Bulan Kedepan

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Kementerian BUMN.

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, memprediksi bahwa bisnis di sektor penerbangan sudah akan mulai pulih dalam enam bulan ke depan.

Kata PSSI Usai Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Apalagi, dengan sudah mulai dibolehkannya kembali mudik Lebaran tahun ini, maka dia pun optimis bahwa pemulihan sektor penerbangan akan segera terjadi.

"Saat ini (sektor penerbangan) di banyak negara sudah mulai kembali normal, termasuk di Indonesia. Mungkin enam bulan lagi (bisa segera pulih)," kata Erick dalam telekonferensi, Rabu 27 April 2022.

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2027

Baca juga: IHSG Bergerak Terbatas, Cek Rekomendasi Saham Pilihan Hari Ini

Erick menjelaskan, saat ini total jumlah pesawat terbang yang sudah beroperasi di Tanah Air sudah mencapai sekitar 200-an pesawat.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Sementara, titik normal bisnis penerbangan di Tanah Air biasanya ditandai dengan beroperasinya 400 armada pesawat.

"Alternatif dari penerbangan maksudnya perjalanan dinas melalui penerbangan maupun wisata, di mana mungkin akan menuju titik normal dalam kurun waktu 6-8 bulan," ujarnya.

Pesawat Pelita Air lepas landas.

Photo :
  • Dok. Pelita Air

Erick mengakui bahwa pemulihan bisnis di sektor penerbangan Tanah Air, merupakan salah satu hal yang menjadi konsentrasi pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Sebab, sektor penerbangan merupakan salah satu sektor bisnis yang sangat terpukul oleh dampak dari pandemi COVID-19, yang telah melanda Indonesia selama dua tahun lebih.

"Kita melihat (sejak pandemi COVID-19) banyak sektor transportasi termasuk transportasi udara yang menghadapi turbulensi, yang tidak pernah mereka hadapi sebelumnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya