Rekor 10 Tahun, Realisasi Investasi Kuartal I Capai Rp282,4 Triliun

Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia.
Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi pada kuartal I 2022 mencapai Rp282,4 triliun. Angka tersebut tumbuh 28,5 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp219,7 triliun.

Realisasi investasi di periode tersebut juga tercatat tumbuh 16,9 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (qoq) sebesar Rp241,6 triliun sehingga berhasil mencetak rekor pertumbuhan tertinggi sepanjang 10 tahun terakhir.

"Ini rekor 10 tahun terakhir untuk pertumbuhan realisasi investasi,” kata Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam paparan realisasi investasi secara daring di Jakarta, Rabu, 27 April 2022.

Menurutnya, ini menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah dalam meramu kebijakan investasi on the track. “Ini memberikan rasa kepastian bagi investor untuk menanamkan investasinya," ucapnya.

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi/Realisasi Investasi.

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi/Realisasi Investasi.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Secara rinci, realisasi penanaman modal asing (PMA) sepanjang Januari-Maret 2022 mencapai Rp147,2 triliun, tumbuh 31,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara itu, realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp135,2 triliun, tumbuh 25,1 persen secara tahunan (yoy).

"Untuk global, mereka mulai nyaman dan yakin terhadap stabilitas kebijakan negara dalam mendorong investasi masuk ke Indonesia. Demikian pula PMDN tumbuh. Ini yang kita inginkan supaya menuju investasi berkualitas," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title