Asosiasi Tolak Regulasi Tembakau Alternatif Sama dengan Rokok

Macam-macam bentuk rokok elektrik atau vape.
Macam-macam bentuk rokok elektrik atau vape.
Sumber :
  • dok. pixabay

VIVA – Asosiasi konsumen menegaskan penolakannya jika regulasi produk tembakau alternatif disamakan dengan rokok. Sebab dikhawatirkan, hal itu akan membingungkan di kalangan konsumen produk tembakau alternatif dan perokok dewasa. 

Ketua Aliansi Vaper Indonesia (AVI) Johan Sumantri menjelaskan, kedua produk itu jelas berbeda berdasarkan profil risikonya. Produk tembakau alternatif seperti rokok elektrik, produk tembakau yang dipanaskan, maupun kantong nikotin terbukti secara ilmiah memiliki profil risiko yang lebih rendah dibandingkan rokok.

“Jika regulasinya sama, nanti akan sama juga terkait larangan-larangannya. Nanti ada gambar-gambar seperti di rokok, tenggorokan yang bolong sedangkan risiko itu tidak ditemui dalam penggunaan produk tembakau alternatif dan belum ada kajian yang membuktikan hal tersebut,” ujar Johan saat dihubungi wartawan, Rabu, 27 April 2022.

Vape atau rokok elektrik.

Vape atau rokok elektrik.

Photo :
  • Shamieh Law

Lebih lanjut Dia berharap seluruh pihak terkait khususnya Pemerintah, bisa memahami perbedaan profil dari produk tembakau alternatif sebelum memutuskan kebijakan yang terkait dengan produk inovasi ini.
 
Kementerian Kesehatan dan lembaga pemerintahan lainnya diharapkan, bisa lebih aktif dan terbuka dalam mengakui hasil penelitian dari dalam dan luar negeri terhadap produk tembakau alternatif. Atau mendorong kajian ilmiah dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan di industri produk tembakau alternatif. 

"Jadi tidak cuma asal bicara produk ini sama dengan rokok sedangkan pemerintah sendiri tidak memiliki hasil penelitiannya,” pungkasnya.

Johan memastikan AVI siap memberikan data-data yang dibutuhkan apabila pemerintah berencana untuk melakukan riset terhadap produk tembakau alternatif. “AVI sadar, kami sangat membutuhkan riset ini,” tegas Johan.

Halaman Selanjutnya
img_title