Sandiaga Uno Harap IITCEF 2022 Mampu Bangkitkan Pariwisata RI

Menparekraf Sandiaga Uno.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenkop UKM.

VIVA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama sejumlah inisiator di sektor pariwisata seperti PATA Indonesia, ASITA, TRANS EVENT, dan GlobalExhibit, meluncurkan Indonesia International Tourism And Creative Economy Forum (IITCEF) 2022 sebagai salah satu acara dalam rangkaian G20 Spirit.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

IITCEF 2022 yang akan berlangsung pada tanggal 11-13 Agustus 2022 di The Kasablanka Hall Jakarta ini merupakan event berskala internasional, yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan di industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang terkena hantaman berat selama masa pandemi COVID-19.

"Saya mengajak PATA Indonesia, Asita, Trans Event, dan GlobalExhibit, untuk saling bekerja sama mendorong kebangkitan sektor pariwisata nasional guna menghadapi pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam telekonferensi, Kamis 28 April 2022.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Pengelolaan Geopark Belitong diarahkan berkonsep pariwisata berkelanjutan (Foto ilustrasi)

Photo :
  • Antara

"Semoga event ini dapat memberikan manfaat, memberikan nilai tambah, dan membangkitkan kembali sektor pariwisata Indonesia," ujarnya.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Ketua Umum PATA Indonesia, Purnomo Siswoprasetjo mengatakan, melalui event berskala lnternasional ini pihaknya sangat berharap kebangkitan sektor pariwisata nasional agar bisa kembali berjaya dan membantu perekonomian negara.

"Kami mencoba untuk bangkit bersama melalui kerja sama dengan berbagai pihak yaitu Kementerian, Pemerintah Daerah, dunia usaha, komunitas, dunia pendidikan, dan tentu saja media massa dalam mempersiapkan event ini," kata Purnomo.

Senada, Ketua Umum DPP Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Rusmiati menjelaskan, dalam penyelenggaraan IITCEF 2022 ini pihaknya juga telah melibatkan tidak saja anggota ASITA yang berjumlah lebih dari tujuh ribu pengusaha tours & travel, tapi juga dengan berbagai asosiasi lain yang berhubungan dengan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Apalagi rencananya event ini juga akan dibuka oleh Presiden RI," ujar Rusmiati.

Sementara CEO GIobalExhibit, Grace Sabandar menambahkan, sebagai inisiator G20 Spirit, pihaknya melihat bahwa event IITCEF 2022 ini adalah wujud nyata dari semboyan 'Recover Together, Recover Stronger', yang merupakan tema besar dari Presidensi G20 Indonesia. 

"Ambassador & CEO Club juga mendukung penuh acara ini, dan kami akan melibatkan tidak saja negara-negara anggota G20, tetapi juga negara lain untuk berpartisipasi baik dalam pameran, forum diskusi, dan Iain-lain," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya