Hore! Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2 Digratiskan hingga 8 Mei

Gerbang tol Seulimum-Jantho.
Gerbang tol Seulimum-Jantho.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ruas jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) seksi 2 yang menghubungkan Seulimum-Jantho, Aceh Besar, Aceh resmi dioperasikan. Pemudik yang melintas pun sudah bisa menggunakan rute tol tersebut.

Pengoperasian seksi ini menambah panjang yang sudah beroperasi sebelumnya yaitu seksi 2 Jantho-Indrapuri dan seksi 3 Indrapuri-Blang Bintang dengan total panjang 35,85 km.

Executive Vice President Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji menyampaikan, sebelumnya seksi 2 ini sudah dilakukan uji layak fungsional (ULF) dan mendapatkan sertifikat laik operasi (SLO) pada 31 Januari 2022. 

"Sudah kami persiapkan dengan matang persiapan pengoperasian dan juga kualitas jalan tolnya sesuai standar,” ujar Dwi dalam keterangannya yang dikutip pada Jumat, 29 April 2022.

Dwi menjelaskan mulai hari ini hingga 8 Mei khusus untuk tarif Jalan Tol Sibanceh Seksi 2 ini akan diberikan diskon 100 persen alias gratis bagi pengendara yang melintas. Langkah ini dilakukan sebagai cara untuk sosialisasi.

“Hal ini dilakukan sekaligus sebagai sosialisasi telah beroperasinya seksi ini. Namun, masyarakat tetap harus tapping menggunakan kartu uang elektronik saat melintas di gerbang tol Sibanceh Seksi 2 ini," ujar Dwi.

Adapun berdasarkan SK Menteri PUPR terkait dengan penetapan tarif tol Sigli- Banda Aceh Seksi 2 Seulimeum - Jantho yaitu golongan I Rp 7500, golongan II dan III Rp 11.500, golongan IV dan V Rp 15.000.