Komunitas Ini Ajak Warga Mudik Tanpa Bawa Utang, Ini Penjelasannya

Mudik tanpa utang.
Sumber :
  • Dokumentasi MMC.

VIVA – Masyarakat sangat antusias pulang ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudaranya pada momentum Lebaran Tahun ini. Terlebih sudah 2 tahun Pemerintah melarang untuk tidak mudik karena adanya pandemi COVID-19.  

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Niat kuat untuk mudik ini biasanya memicu masyarakat untuk berlomba membeli sesuatu yang baru. Bukan saja pakaian dan peralatan rumah tangga yang baru, bahkan kendaraan pun harus baru.

Hal Ini terbukti dengan adanya peningkatan penjualan kendaraan baru sebesar 20 persen jelang Lebaran. Di mana sebagian dibeli melalui utang.

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Guna menghindari dampak sosial dan kerugiaan masyarakat dari risiko utang yang akan menimbulkan masalah bagi masyarakat di kemudian hari. Komunitas masyarakat yang sudah mengalami pahitnya berutang, yang tergabung dalam pengusaha MTR Miliarder Club (MMC) melakukan kampanye mengajak masyarakat terutama pengusaha agar menjadikan momen mudik lebaran membawa keberkahan.

“Kami ingin mengajak masyarakat terutama para pengusaha agar menjadikan dan momen mudik lebaran berkah dengan berbagai slogan. Antara lain, 'Mudik berkah tanpa utang,' ungkap Budi salah satu anggota MMC dari Pekalongan, Jawa Tengah.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

MMC diketahui adalah komunitas para pengusaha yang berkomitmen berbisnis tanpa utang, dengan jumlah anggota saat ini sudah ribuan dan tersebar dari sabang sampai Merauke.

Metode kampanye yang dilakukan MMC,  salah satu nya memasang billboard besar di beberapa titik jalur mudik di Indonesia. Mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan beberapa kota besar yang dilalui jalur mudik.

Antara lain, Pulau Jawa mulai dari Jalur Selatan dan Jalur Utara Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY. Sumatera mulai dari Lampung, Riau, Padang dan lainnya. Juga ada Kalimantan  selatan dan beberapa titik lainnya yang dilalui oleh pemudik.

Ilustrasi utang.

Photo :
  • U-Report

Adapun isi kampanye nya berupa sindiran dan himbauan kepada pengusaha agar dapat mudik dengan tenang tanpa utang. Isi ajakannya antara lain, 'Mudik Tidak Bawa Utang, Mudik Bawa Uang Atau Bawa Utang, Mudik Tenang Tanpa Utang, Lunas Utang Mudik Tenang dan Mudik Bawa Uang Jangan Bawa Utang'.

MMC berharap dengan kampanye ini, para pemudik terutama pengusaha yang mempunyai utang milliaran bisa tersadar dan mempunyai tekad lunas utang milliaran. Agar mudik berkah tanpa utang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya