Bulog Pastikan Jaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan Pasca Lebaran

Direktur Utama Bulog Budi Waseso.
Direktur Utama Bulog Budi Waseso.
Sumber :
  • Dok. Bulog.

VIVA – Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, selama Libur lebaran Bulog telah berhasil menjaga stabilitas harga dan pasokan beras. Bulog juga memastikan mampu menghadapi kebutuhan pangan lainnya seperti daging beku, gula, dan komoditas lainnya saat ini atau pasca Lebaran.

Buwas, akrabnya disapa mengungkapkan, dirinya juga telah menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk menyiapkan stok komoditas pangan yang menjadi tanggung jawab Bulog. Untuk bisa selalu tersedia di masyarakat pasca libur lebaran ini.

“Bulog menjamin kebutuhan pangan yang tersimpan saat ini di gudang-gudang kami di seluruh Indonesia selalu tersedia di masyarakat dan kami akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersediaan pangan tersebut,” kata Budi di Jakarta, Selasa 10 Mei 2022.

Stok beras di Gudang Bulog Semarang.

Stok beras di Gudang Bulog Semarang.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

Saat ini, lanjut Budi, jumlah stok beras yang tersimpan di gudang-gudang Bulog di seluruh Indonesia sebesar 1 juta ton. Di mana hal itu merupakan batas aman dari pemerintah yang sebanyak 1-1,5 juta ton.

Selain itu, dikarenakan saat ini masih dalam masa panen, maka diperkirakan angka dan stok tersebut masih akan terus meningkat. Hal itu disebabkan Bulog masih terus menyerap hasil panen petani.

“Untuk komoditas utama yang kami kuasai yaitu beras jumlahnya sangat aman ada 1 juta ton, ditambah lagi saat ini Bulog masih melakukan pengadaan gabah beras petani di seluruh Indonesia. Dan hingga saat ini kami sudah menyerap sebanyak 256 ribu ton. Jadi stok beras ini akan terus bertambah,” jelasnya.