Survei BI: Keyakinan Konsumen Akan Ekonomi Meningkat

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • VivaNews/ Nur Farida

VIVA – Bank Indonesia (BI) melakukan survei konsumen pada April 2022, dan menemukan adanya indikasi keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat.

BI Bolsters Rupiah Stability with Interest Rate Hike to 6.25 Percent

"Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2022 sebesar 113,1, atau meningkat dari 111,0 pada bulan sebelumnya," kata Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangannya, Rabu, 11 Mei 2022.

Erwin menambahkan, peningkatan IKK terpantau pada mayoritas kategori pengeluaran, kelompok usia, serta kategori pendidikan responden.

Harga Emas Hari Ini 25 April 2024: Produk Antam Melorot, Global Bervariasi

Secara spasial, kenaikan IKK terjadi di sebagian besar kota cakupan survei. Di mana yang terbesar terjadi di kota Bandar Lampung, diikuti oleh kota Samarinda dan Denpasar.

Konsumen digital.

Photo :
  • Fintech2Bank
Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Dia menjelaskan, keyakinan konsumen pada April 2022 yang meningkat didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini.

Peningkatan tersebut dijelaskan Erwin berkaitan dengan persepsi terhadap penghasilan saat ini. Kemudian ketersediaan lapangan kerja, dan pembelian barang tahan lama (durable goods) yang meningkat.

"Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap berada di level optimis (indeks >100), meskipun tidak setinggi bulan sebelumnya, ditopang terutama oleh ekspektasi penghasilan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya