Rampingkan BUMN, Erick Thohir: Laba Bersih BUMN Naik Jadi Rp90 Triliun

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berhasil meningkatkan laba bersih BUMN. Hal ini tak lepas dari kebijakannya yang melakukan holding atau perampingan perusahaan di BUMN, sehingga bisa berjalan secara efisien.

Komposisi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran Tunggu Penetapan Resmi KPU

Sejak awal menjabat sebagai Menteri BUMN pada 2019 lalu, Erick Thohir berhasil memangkas 118 perusahaan menjadi 41 perusahaan saja. Perampingan ini akan terus digenjot oleh Erick Thohir, hingga mencapai target hanya 37 perusahaan BUMN saja.

Erick Thohir Menteri BUMN

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Ogah Bawel soal Jatah Menteri PAN, Zulhas Pasrah ke Prabowo

Perampingan juga dilakukan pada klaster kelompok usaha yang mulanya berjumlah 27 dan kini hanya ada 12 klaster. Kebijakan Erick Thohir ini terbukti mampu meningkatkan laba bersih BUMN hingga triliunan rupiah.

Pada 2020 laba bersih di BUMN tercatat mencapai angka Rp13 triliun. Sedangkan untuk tahun 2021, laba bersih BUMN meningkat secara signifikan hingga menyentuh angka Rp 90 triliun. 

Jangan Kaget dengan Spesifikasi Mobil Gagah AHY Seharga Rp1,1 Miliar

“Hasilnya bisa kita rasakan bersama-sama, laba bersih semua BUMN tadinya Rp13 triliun, sekarang menjadi Rp 90 triliun. Ini loncatan luar biasa,” ujar Erick Thohir, Kamis, 12 Mei 2022.

Pengamat politik Universitan Paramadina, Ahmad Khoirul Umam menilai Erick Thohir punya ketegasan dan tidak mudah diintervensi oleh pihak manapun. Hal itulah yang membuat BUMN banyak mengalami lonjakan besar di era Erick Thohir.

“Dia (Erick Thohir) figur yang muda, fresh. Dalam kapasitas dia sebagai menteri juga memiliki performa yang relatif baik. Tidak mudah dikontrol, dikendalikan, diintervensi oleh kekuatan oligarki di sekitar BUMN,” ujar Umam.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya