Demo Depan DPR, Buruh Tuntut Driver Ojol Juga Dapat Pensiunan

Mayday Fiesta 2022 di Stadion GBK
Mayday Fiesta 2022 di Stadion GBK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Demo Buruh May Day Fiesta berlangsung di depan gerbang utama gedung DPR MPR, Sabtu 14 Mei 2022. Demo buruh kali ini membawa ribuan anggota dari berbagai wilayah.

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal dalam operasinya di depan massa aksi, menyinggung pengemudi ojek online (ojol) juga sebagai bagian dari buruh yang layak mendapatkan dana pensiun sama seperti pekerja pada umumnya.

"Mereka berhak mendapat hak-hak sebagai pekerja, upah layak, jaminan kesehatan, jaminan pensiun dan jaminan-jaminan lain," ujar Said saat demo berlangsung di depan gerbang gedung DPR MPR, Sabtu 14 Mei 2022. 

Baca juga: Viral Polisi Minta Tebusan 24 Juta di Grobogan, Begini Ceritanya

Dalam hal ini, Said Iqbal mengatakan dirinya yakin pemerintah bisa menggunakan kapasitasnya untuk memperhatikan nasib para pengemudi ojol yang tidak mendapatkan jaminan apapun sebagai pekerja. 

Padahal, pengemudi ojol merupakan bidang pekerjaan yang paling banyak digandrungi masyarakat kalangan menengah ke bawah, dan juga tetap beroperasi di hari blue sekalipun. 

"Driver ojol adalah pekerja, bukan mitra kerja yang tidak jelas hubungan kerjanya, sehingga berhak mendapat hak-hak sebagai pekerja," ujarnya.