Kilang Balikpapan Kembali Kebakaran, Satu Pekerja Meninggal Dunia

Asap kebakaran di kilang pertamina Balikpapan.
Sumber :
  • Dok. Pertamina

VIVA – Area Kilang Balikpapan yang dikelola PT Kilang Pertamina Internasional kembali mengalami kebakaran. Tim Pemadam Kilang Balikpapan telah berhasil melakukan pengendalian api yang muncul di plant 5, Unit Hydro Skimming Complex.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Saat ini, Pertamina menyatakan, kondisi sudah terkendali dan terus dilakukan proses pendinginan. Dalam kurun waktu sekitar 1 jam yakni pada pukul 11.31 WITA, api telah berhasil dipadamkan, dan kini disebut sudah tidak tampak api maupun asap dari Plant.

Manager Communications, Relations, & CSR Refinery Unit VI Balikpapan, Ely Chandra menyampaikan, saat ini Plant 5 dihentikan operasionalnya untuk sementara. 

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

"Plant ini menghasilkan bahan baku gasoline dan untuk memenuhi kebutuhan produksi bahan baku akan dilakukan pengoptimalan stok di tangki dan pengaturan produksi di kilang Balikpapan," ujarnya dikutip dalam keterangan tertulis Pertamina Balikpapan, Minggu, 15 Mei 2022.

Saat ini tim internal disebut terus melakukan upaya recovery operasional Kilang Balikpapan  agar segera kembali beroperasi maksimal. Untuk sementara waktu, alih suplai sedang disiapkan, berkoordinasi dengan Pertamina Group untuk memastikan tidak adanya gangguan dalam suplai BBM kepada masyarakat.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Ada Korban Luka Bakar dan Terpapar Panas, Satu Orang Meninggal Dunia

Kilang minyak Balikpapan

Photo :
  • Istimewa

Tim penanganan di Kilang Balikpapan juga saat ini tengah fokus melakukan penanganan korban. Terdapat tiga orang luka bakar yang merupakan pekerja Pertamina dan saat ini tengah dilakukan upaya perawatan maksimal di RS Pertamina Balikpapan.

Sementara dua orang korban yang terpapar panas yang merupakan pekerja dari kontraktor telah selesai perawatan di klinik dan telah kembali ke rumah masing-masing. Sedangkan satu orang lagi tidak berhasil diselamatkan merupakan pekerja kontraktor.

"Kilang Balikpapan dan perusahaan tempat korban bekerja akan memastikan almarhum mendapatkan penanganan terbaik terkait  dengan hak-haknya seraya menyiapkan kebutuhan lain yang diperlukan," ujarnya.

GM Kilang Balikpapan, Wahyu Sulistyo Wibowo, mengungkapkan rasa bela sungkawa yang mendalam atas berpulangnya korban dan memohon maaf kepada keluarga bahwa setelah upaya maksimal yang telah diberikan korban tidak dapat diselamatkan.

"Musibah ini menimbulkan keprihatinan kepada Pertamina. Namun kami akan memastikan penanganan akan dilaksanakan semaksimal mungkin kepada semua korban," ujar Wahyu.

Kebakaran Sebelumnya Terjadi 4 Maret 2022

Sebelumnya, Kilang minyak Balikpapan milik PT Kilang Pertamina Internasional terbakar pada 4 Maret 2022 tepatnya pukul 10.32 WITA.

PT Kilang Pertamina Internasional melakukan gerak cepat pemadaman api di sekitar area kilang. Adapun saat ini Kilang Balikpapan telah dalam kondisi aman dan tetap dapat beroperasi.

“Sistem penyiraman dengan pemadam statis langsung beroperasi dan dibantu dengan 4 unit truk pemadam terus menyiramkan air,” kata Are Manager Communication, Relation & CSR Kilang Balikpapan, Ely Chandra, Jumat 4 Maret 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya