Perusahaan Besar Didominasi Sektor Teknologi, Ini Pesan Menteri BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir meminta anak muda Indonesia agar memanfaatkan disrupsi digital sebagai sebuah peluang. Menurut Erick, hadirnya disrupsi digital akan memformat ulang banyak industri dan ekonomi. 

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

Erick menilai hal tersebut sebagai peluang yang dapat dimanfaatkan anak muda untuk dapat bersaing. Akibat disrupsi banyak pekerjaan hilang dibandingkan yang tumbuh.

"Artinya akan terjadi perubahan signifikan dalam hal pekerjaan. Ini yang perlu diantisipasi," kata Erick dalam keterangannya, Minggu 15 Mei 2022.

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya/tangkapan layar

Erick pun menggarisbawahi kenyataan bahwa dari 10 perusahaan terbesar di dunia, tujuh di antaranya merupakan perusahaan teknologi. Dia menilai, hal itu adalah sinyal terjadinya perubahan besar dalam industri, di mana kini eksplorasi sumber daya manusia nilainya sudah melebihi industri sumber daya alam. 

KLB PSSI Sumut Digelar Usai PON 2024

Erick pun meminta agar digitalisasi ini jangan membuat anak muda pasif. Sebab, Indonesia sudah menghadapi first wave dengan hadirnya media online, kemudian second wave dengan hadirnya beragam aplikasi.

"Kemudian third wave dengan hadirnya metaverse. Jangan sampai semua ini jadi sekadar arena yang dikuasai produk asing," ujarnya.

Oleh karena itu, Erick memandang sudah menjadi keharusan bagi anak muda Indonesia untuk menekuni teknologi khususnya digital. Dengan anak muda yang menguasai seluk beluk teknologi digital, Erick optimistis Indonesia akan semakin mampu bersaing dalam percaturan ekonomi dunia yang baru.

Erick juga merujuk kenyataan bahwa mayoritas penduduk Indonesia kini adalah penduduk usia muda. Meleknya anak muda Indonesia pada digitalisasi, akan menjadi kekuatan utama dalam merepons disrupsi teknologi.

"Sebab disrupsi digital adalah peluang besar bagi Indonesia untuk menjadi kekuatan ekonomi dunia pada 2045. Insya Allah kita akan terus tumbuh pada 2045 menjadi salah satu kekuatan utama ekonomi dunia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya