Harga Emas Hari Ini 18 Mei 2022: Global Naik, Antam Turun

Ilustrasi Emas Batangan Global.
Ilustrasi Emas Batangan Global.
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/aa

VIVA – Harga emas internasional dibuka naik tipis pada perdagangan Rabu pagi, usai dolar yang melemah akibat tekanan imbal hasil surat berharga AS yang lebih kuat dan sikap agresif Federal Reserve terhadap tekanan inflasi.

Dilansir dari Economic Times pada Rabu 18 Mei 2022, harga emas di pasar spot tercatat naik 0,1 persen ke level US$1.816,56 per ons. Sedangkan, emas berjangka AS turun sebesar 0,2 persen ke level US$1.814,50 per ons.

Pagi ini dolar lanjutkan pelemahan keempat hari karena meningkatnya selera investor untuk investasi di pasar saham, sehingga mengurangi daya tarik mata uang AS. Dolar yang lemah membuat emas lebih menarik bagi pembeli.

Baca juga: Jokowi Izinkan Warga Lepas Masker di Ruangan Terbuka

Selain itu, naiknya emas juga dipengaruhi sikap Ketua Fed Jerome Powell yang berjanji akan menaikkan suku bunga setinggi yang diperlukan untuk menahan lonjakan inflasi yang dikhawatirkan mengancam fondasi ekonomi.

Dan The Fed telah menaikkan suku bunga acuannya sebesar tiga perempat poin persentase, dan berada di jalur yang tepat untuk menaikkannya lagi sebesar setengah poin persentase pada dua pertemuan Juni dan Juli.

Emas Domestik