Rampung 98 Persen, Pasar Sibolga Nauli Dipastikan Beroperasi Juni

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau RS Darurat Asrama Haji Donohudan.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Ditjen Cipta Karya, menegasakan bahwa akan segera menyelesaikan pembangunan Pasar Sibolga Nauli, Sumatera Utara.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Adapun hingga saat ini, progress pembangunan fisik pasar telah mencapai 98 persen. Dengan itu Kementerian PUPR menargetkan pasar akan siap beroperasi di Juni 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan pasar dilakukan dengan meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat. Sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis (tidak kumuh).

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jalur Pansela, Jawa Tengah.

Photo :
  • VIVA/Rosikin

“Diharapkan, infrastruktur pasar yang berkualitas dapat dirasakan langsung manfaatnya, terutama menjamin distribusi bahan pokok dan turut menggerakan sektor riil atau UMKM yang merata, hingga pelosok desa di seluruh Indonesia,” ujar Basuki dalam keterangan, Rabu 18 Mei 2022.

MK Tolak Gugatan Sengketa Pilpres 2024, Begini Respons Pelaku Pasar Keuangan

Untuk pembangunan fisik Pasar Sibolga Nauli sendiri telah dimulai sejak 26 Juni 2021, dan ditargetkan rampung pada 16 Mei 2022 mendatang. Di mana hal itu sesuai dengan kontrak kerja selama 330 hari kalender. Dengan nilai kontrak awal Rp61,8 miliar, setelah addendum menjadi Rp66,5 miliar.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah I Sumatera Utara, Syafriel Tansier menerangkan pembangunan Pasar Sibolga Nauli memiliki fasilitas yang cukup memadai.

“Jumlah kios yang dibangun sebanyak 524 unit ditambah dengan jumlah los sebanyak 738 unit serta prasarana pendukung lain seperti kantor, musala, toilet, dan lainnya,” jelasnya.

Melalui data Pemerintah Kota Sibolga dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sibolga, tercatat sebanyak 1.262 calon pedagang sudah mendaftar dan siap menempati kios, los serta pelataran di Pasar Sibolga Nauli.

Sehingga, dengan jumlah kios, los serta antusiasme pedagang yang cukup tinggi, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Sibolga.

Kementerian PUPR berharap dengan terselesaikannya pembangunan Pasar Sibolga ini dapat menampung 1.262 pedagang dari pasar lama. Ditambah dengan pedagang yang berjualan di pelataran di luar kios dan los, di pasar yang baru ini diharapkan dapat meningkatkan omzet penjualan para pedagang minimal hingga 75 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya