Investasi EBT di Indonesia, Menteri Bahlil Tegaskan Ini ke Investor

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.
Sumber :
  • Tangkapan layar.

VIVA – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menegaskan Indonesia tidak akan mengekspor energi baru terbarukan (EBT). Hal itu merupakan salah satu penegasan bagi investor yang ingin berinvestasi di sektor itu di Indonesia.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

"Pemerintah Indonesia belum berpikir untuk mengekspor EBT kepada negara mana pun," katanya dalam Investment Forum "Mendorong Percepatan Investasi Berkelanjutan dan Inklusif," ujar Bahlil di Jakarta, Rabu, 18 Mei 2022.

Bahlil pun mempersilakan investor untuk menanamkan modal untuk sektor EBT di Indonesia. Namun, produk EBT-nya tidak akan diekspor agar industri bisa terbangun di dalam negeri.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

"Silakan investasi di Kepri, monggo, tapi kami belum terpikir untuk ekspor EBT ke negara mana pun. Karena kita akan pakai dulu di dalam negeri, cukup dulu. Silakan kalau mau investasi, investasi di dalam negeri. Karena kalau listriknya kita jual ke negara lain, maka industri akan lari ke sana," katanya.

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia tawarkan 47 proyek investasi.

Photo :
  • istimewa
Jangan Sampai Terjerat Pinjol, Ini Tips Kelola Keuangan Lebih Cerdas

Lebih lanjut Bahlil menegaskan, Indonesia punya peran besar dalam pengembangan EBT di dunia. Peran itu akan semakin besar mengingat tren keberlanjutan yang ada saat ini.

"EBT harus dilakukan sebab tidak akan mungkin produk yang dihasilkan lewat industri itu akan laku di global kalau tidak pakai EBT. Di dunia orang cek, pakai batu bara atau EBT. Kalau batu bara, mungkin laku, tapi pasti (harganya) jatuh," katanya.

Pengembangan energi yang ramah lingkungan juga sejalan dengan target NDC Indonesia untuk bisa mencapai netral karbon (net zero emission) pada 2060 atau lebih cepat. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya