Gelar KUR Fintech Festival, Pemerintah-Kadin Dorong UMKM Go Global

KUR Festival FIntech 2022.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Pemerintah Kota Solo, secara resmi membuka "KUR Fintech Festival" dengan tema 'Maju Berkembang Bersama KUR dan Bangga Buatan Indonesia'.

Swiss German University Dukung Revolusi Industri 4.0 di Indonesia!

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir menjelaskan, acara ini bertujuan untuk mendorong UMKM Indonesia terutama di Kota Surakarta, agar naik kelas dan go-global.

"Serta untuk memperkenalkan UMKM pada cara-cara baru untuk mendapatkan alternatif solusi keuangan digital," kata Iskandar dalam keterangannya, Rabu 18 Mei 2022.

Revisi UU ITE Disahkan, Privy Siap Amankan Transaksi Keuangan Digital

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 18 Mei 2022: Global Naik, Antam Turun

Dia menambahkan, KUR Fintech Festival merupakan salah satu wujud pengabdian dari pemerintah mensejahterakan masyarakat, terutama para pelaku UMKM. Hal ini karena potensi UMKM untuk memulihkan ekonomi Indonesia sangat tinggi.

Ekonomi Digital di ASEAN Meningkat, HSBC Luncurkan Growth Fund Rp15,8 Triliun

Iskandar menjelaskan, UMKM sangat membantu dalam pertumbuhan ekonomi wilayah Surakarta pada 2021 lalu, yang tumbuh sebesar 4,01 persen melampaui pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 3,69 persen.

"Maka dari itu, dengan berkoordinasi bersama Kadin Indonesia terutama yang membawahi fintech, diharapkan dapat mendorong percepatan pertumbuhan UMKM sehingga mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Komunikasi dan Informatika, Firlie H. Ganinduto menegaskan, peran Kadin dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah. Hal itu untuk memastikan UMKM Indonesia go-digital, dengan menyiapkan program kolaborasi antara pelaku UMKM dengan penyelenggara fintech.

Ilustrasi fintech.

Photo :
  • The Guardian Nigeria

Dia mengaku, Kadin sendiri bangga bisa menjadi penggerak kolaborasi yang inklusif, sehingga festival ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat, khususnya UMKM. Khususnya, dalam hal mendapatkan alternatif pembiayaan dan solusi keuangan digital lainnya dari penyelenggara fintech.

"Kadin Indonesia bangga menjadi mitra pemerintah dalam upaya digitalisasi usaha. Harapan kami adalah untuk menjadi yang terdepan dalam akselerasi digitalisasi usaha, dengan menyiapkan program serta kolaborasi pelaku UMKM dan penyelenggara fintech agar dapat meningkatkan percepatan pemulihan ekonomi nasional," ujarnya.

Diketahui, rangkaian acara dalam kegiatan KUR Fintech Festival ini terdiri dari sejumlah program, yakni sosialisasi kebijakan dan penyaluran KUR tahun 2022, penandatangan akad KUR secara massal kepada sekitar 1,000 debitur, penyerahan CSR oleh Penyalur dan Penjamin KUR kepada debitur, workshop terkait pemanfaatan fintech, peningkatan keterampilan, serta literasi digital bagi UMKM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya