Transaksi Ekosistem GoTo Meroket saat Ramadhan 2022, Ini Rinciannya

Ilustrasi GoTo.
Sumber :
  • Gojek

VIVA – Integrasi antara ketiga platform Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial meningkatkan jumlah transaksi perusahaan yang dilakukan oleh konsumen. Hal itu terjadi khususnya pada Ramadhan 2022. 

4 Potret Adem Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri setelah Mualaf

Beberapa contoh penggunaan terintegrasi tersebut seperti memesan makanan melalui layanan GoFood dan membayar melalui GoPay, atau berbelanja di Tokopedia dengan membayar menggunakan GoPay dan mengirimkan menggunakan layanan GoSend.

“Pendekatan ekosistem terintegrasi GoTo semakin menambah kepercayaan dan kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi di platform Grup GoTo. Hal ini terlihat dari peningkatan, baik transaksi, jumlah pengguna, maupun tingkat penggunaan layanan antar platform selama bulan Ramadhan tahun ini dibandingkan dengan bulan Ramadhan 2021," Chief of Corporate Affairs GoTo Nila Marita dikutip dari keterangannya, Kamis, 19 Mei 2022.

Ramai Mobil Listrik, Transaksi di SPKLU PLN Naik 2 Kali Lipat saat Mudik

Dia menjabarkan, lonjakan signifikan terjadi pada layanan logistik atau pengiriman barang dari platform e-Commerce Tokopedia. Dengan kenaikan penggunaan GoSend sebagai salah satu pilihan utama pelanggan untuk pengiriman barang. 

GOTO

Photo :
  • fimela.com
Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Konsumen GoTo juga memanfaatkan pembayaran digital, GoPay dan fasilitas GoPayLater di Tokopedia. Hal itu ditunjukkan dengan peningkatan signifikan untuk pesanan (order) di Tokopedia yang dibayar menggunakan GoPay sepanjang Ramadan tahun ini.

"Kami akan melakukannya melalui lebih banyak inovasi terhadap layanan yang kami tawarkan, seiring dengan terus memberi nilai dan manfaat bagi para pelanggan dan seluruh pemangku kepentingan secara berkelanjutan,” imbuh Nila.

Lebih lanjut dia menjabarkan, peningkatan jumlah transaksi terintegrasi tersebut, di antaranya jumlah pesanan di Tokopedia yang dikirimkan menggunakan layanan GoSend (instant maupun sameday). Sepanjang Ramadhan 2022 layanan itu tumbuh sebesar 85 persen dibandingkan dengan 2021.

Kemudian, jumlah pesanan parsel (hampers) di Tokopedia yang dikirimkan dengan layanan logistik instant maupun sameday GoSend. Pertumbuhannya pada tahun ini sebesar 60 persen dibandingkan dengan Ramadhan 2021.

Lalu, penggunaan GoPay juga tumbuh secara signifikan sepanjang periode puncak belanja di bulan Ramadhan. Hal itu sebagai hasil dari integrasi yang mendalam antara GoTo Financial dengan Tokopedia.

Selanjutnya, jumlah pesanan yang diselesaikan untuk layanan GoRide dan GoCar secara kumulatif tumbuh sebesar lebih dari 35 persen pada tahun ini. Hal itu seiring terjadinya pelonggaran terhadap pembatasan aktivitas sosial.

Jumlah konsumen yang bertransaksi di GoFood pun meningkat. Pertumbuhannya sebesar 25 persen pada Ramadhan 2022 dibanding dengan bulan Ramadhan 2021. Sementara itu, mitra GoFood yang menggunakan sarana promosi digital melalui platform Gojek tumbuh sebesar 46 persen.

"Donasi sosial yang diberikan melalui GoPay (baik secara offline maupun online) meningkat selama bulan Ramadhan. Dengan pertumbuhan sebesar 40 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya