Erick Thohir Buka-bukaan Soal Kenaikan Harga Pertalite

Menteri BUMN Erick Thohir
Sumber :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

VIVA – Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, Pemerintah belum memiliki rencana terkait penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite.

RUU DKJ Segera Disahkan, Ini 7 Poin Penting yang Disepakati

"Harga pertalite sekarang berada di harga Rp7.650, belum ada rencana pemerintah melakukan (penyesuaian)," kata Erick di Jakarta, dikutip Kamis, 19 Mei 2022.

Erick pun menjelaskan terkait kenaikan harga pertamax. Setelah dinaikkan pun, menurut dia, masih berada di bawah harga pasar, sehingga ada komponen subsidinya.

Projo: Rekonsiliasi Penting untuk Menjadi Negara Maju Perlu Persatuan Nasional

Terlebih bila melihat harga BBM di luar negeri berbagai macam, ada yang Rp50.000 atau Rp60.000 per liter. Karena itu harga pertamax yang ditetapkan, telah posisi masyarakat yang mampu tidak boleh disubsidi.

Pertamina jual Pertalite seharga premium beberapa waktu lalu.

Photo :
  • Pertamina
Soal Lemahnya Penegakkan Aturan ke Tiktok, Ekonom Singgung Ambisi Jalur Sutra Tiongkok

"Saya sudah sampaikan tidak mungkin Pemerintah dengan kondisi pangan dan energi seperti sekarang, pemerintah mendiamkan, tidak melakukan intervensi, tidak mungkin. pemerintah pastinya hadir," ungkapnya. 

"Tentu mekanisme kehadirannya melalui berbagai cara. Sebelumnya saat pandemi COVID-19 pemerintah menyediakan obat, vaksin gratis, dan sebagainya," tambahnya..

Seperti diketahui, kenaikan harga minyak dunia akibat konflik geopolitik Rusia-Ukraina mengakibatkan Uni Eropa mempertimbangkan untuk melakukan embargo minyak mentah Rusia. Sehingga hal itu berdampak pula terhadap harga BBM di dalam negeri.

Pada Maret 2022 realisasi Mean of Platts Singapore (MOPS) Pertalite rata-rata US$128,19 per barel. Harga itu naik 63 persen dari rata-rata tahun 2021 sebesar US$78,48 per barel.

Meski harga global telah melambung tinggi. Pemerintah Indonesia masih dapat menjaga harga Pertalite senilai Rp7.650 per liter. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya