Erick Thohir Buka-bukaan Soal Kenaikan Harga Pertalite

Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir
Sumber :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

VIVA – Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, Pemerintah belum memiliki rencana terkait penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite.

"Harga pertalite sekarang berada di harga Rp7.650, belum ada rencana pemerintah melakukan (penyesuaian)," kata Erick di Jakarta, dikutip Kamis, 19 Mei 2022.

Erick pun menjelaskan terkait kenaikan harga pertamax. Setelah dinaikkan pun, menurut dia, masih berada di bawah harga pasar, sehingga ada komponen subsidinya.

Terlebih bila melihat harga BBM di luar negeri berbagai macam, ada yang Rp50.000 atau Rp60.000 per liter. Karena itu harga pertamax yang ditetapkan, telah posisi masyarakat yang mampu tidak boleh disubsidi.

Pertamina jual Pertalite seharga premium beberapa waktu lalu.

Pertamina jual Pertalite seharga premium beberapa waktu lalu.

Photo :
  • Pertamina

"Saya sudah sampaikan tidak mungkin Pemerintah dengan kondisi pangan dan energi seperti sekarang, pemerintah mendiamkan, tidak melakukan intervensi, tidak mungkin. pemerintah pastinya hadir," ungkapnya. 

"Tentu mekanisme kehadirannya melalui berbagai cara. Sebelumnya saat pandemi COVID-19 pemerintah menyediakan obat, vaksin gratis, dan sebagainya," tambahnya..