Pertalite 8.000 Liter Tumpah ke Jalan, Pertamina Buka Suara

Truk Tangki Pertamina Bocor di Cengkareng.
Truk Tangki Pertamina Bocor di Cengkareng.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Truk tangki pertamina dengan nomor polisi B 9821 UFU mengalami kebocoran di Jalan Kapuk Raya Kamal, Jakarta Barat, pada Rabu 18 Mei 2022 malam, dan mengakibatkan 8.000 liter BBM jenis Pertalite tumpah ke jalan.

Saat dikonfirmasi, Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan memastikan, distribusi BBM untuk wilayah Cengkareng, Jakarta Barat, tetap dalam kondisi aman pascakejadian tersebut.

"Insiden sudah ditangani berkat kesigapan tim di lapangan, yang dibantu oleh Kepolisian dan pihak-pihak terkait untuk mengatur arus lalu lintas agar tidak terganggu," kata Eko saat dihubungi VIVA, Kamis 19 Mei 2022.

Baca juga: Pertamina Rugi Rp30 Juta Usai 8.000 Liter Pertalite Tumpah ke Jalan

Eko memaparkan kronologi penyebab kejadian tersebut, yang diawali ketika mobil tangki Pertamina selesai melakukan pembongkaran di SPBU 34-11404 Jalan Kapuk Raya Kamal Jakarta Barat. 

"Kemudian ketika sedang perjalanan menuju SPBU kedua, secara tiba-tiba dari sisi kiri mobil, truk wingbox menyerempet bagian sisi kiri mobil tangki dan menyebabkan kebocoran pada kompartemen tangki yang berisi BBM jenis pertalite," ujar Eko.

Dalam upaya penanganan kebocoran BBM tersebut, Eko menjelaskan pihaknya telah melakukan sejumlah langkah, seperti misalnya penyemprotan foam di badan mobil tangki, dan pemindahan BBM dari mobil tangki yang bocor ke mobil tangki cadangan.