RI-Jerman Peluas Kerja Sama Transisi Energi, Ini Fokusnya

Menteri PPN Suharso Momoarfa.
Sumber :
  • istimewa.

VIVA – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa bertemu dengan Menteri Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Republik Federal Jerman, Svenja Schulze. Pertemuan itu dalam rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G7 di Berlin, Jerman.

Lalui Seleksi Ketat, 63 Reksa Dana Sabet Penghargaan Best Mutual Fund Awards 2024

Keduanya membahas visi bersama Indonesia-Jerman dalam hal transisi energi, perubahan iklim, dan pembangunan infrastruktur. Melalui, kerja sama bilateral yang akan terus difokuskan untuk mendukung strategi transformasi ekonomi berkelanjutan.

Suharso menjelaskan, Indonesia dan Jerman perlu meningkatkan dan memperluas kerja sama dalam transisi energi, termasuk dalam pengembangan pembangkit listrik energi terbarukan. Kemudian, meningkatkan penilaian dan penerapan teknologi energi yang cerdas dan bersih, juga mempromosikan dan memajukan skema pembiayaan energi.

Tangani Kasus TPPO Berkedok Magang ke Jerman, Menko Polhukam Bakal Bentuk Tim Khusus

"Termasuk pembiayaan campuran dan pembangkit listrik energi terbarukan berbasis masyarakat," kata Suharso dalam keterangannya, Kamis 19 Mei 2022.

Selain transisi energi, Indonesia-Jerman juga dapat meningkatkan dan memperluas kerja sama jangka panjang dalam pengembangan sumber daya manusia. Terutama di bidang pelatihan kejuruan teknis, pengembangan standardisasi pekerjaan ramah lingkungan, transformasi digital, dan reformasi sistem kesehatan.

Polri Ungkap Mahasiswa Korban TPPO di Jerman Banyak Terlilit Utang

Selain itu, terkait pembangunan infrastruktur, Indonesia mengusung tiga arah kebijakan sebagai strategi prioritas. Pertama, rencana infrastruktur terintegrasi untuk efisiensi pembiayaan. Kedua, skema inovatif untuk masuk ke pasar modal global dan mengundang pihak swasta untuk berperan serta dalam membangun infrastruktur.

"Ketiga, menerapkan kombinasi infrastruktur fisik dan digital," ujar Suharso.

Suharso Monoarfa buka Rapat Anggota KOI

Photo :
  • KOI/NOC Indonesia

Dalam kesempatan yang sama, Suharso juga melangsungkan rangkaian pertemuan bilateral bersama Komisioner Uni Eropa untuk Kemitraan Internasional, Jutta Urpilainen. Delegasi Indonesia juga turut menghadiri tiga sesi utama Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G7 tersebut.

Di mana, masing-masingnya mengangkat tema investasi infrastruktur untuk pembangunan berkelanjutan, kemitraan untuk iklim dan pembangunan dan transisi berkeadilan. Serta kebijakan pembangunan yang mendukung perempuan pada masa krisis.

Pada ketiga sesi, delegasi Indonesia menegaskan perlunya strategi dan gebrakan pembiayaan inovatif, termasuk blended finance, untuk investasi infrastruktur. Sebagai pemegang Presidensi G20 2022, Indonesia turut mengundang Jerman untuk hadir dalam Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan di Belitung pada 7-9 September 2022 mendatang.

"Ini akan menjadi saat yang tepat bagi anggota G20 untuk menentukan hasil nyata dan proyek kerja sama yang dapat diterapkan, dan akan didukung oleh G7 untuk mendukung negara berkembang dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) dan dalam mewujudkan komitmen global mengatasi perubahan iklim," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya