Rupiah Menguat Usai Parkir di Rp14.700 per Dolar AS

Rupiah Menguat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Jumat pagi 20 Mei 2022. Pada pukul 09.11 WIB, Rupiah menguat sebesar 0,38 persen ke posisi Rp14.649 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp14.719 per dolar AS.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore mematok rupiah di angka Rp14.731 per dolar AS.

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini akan rebound atau melambung tinggi. 

BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 1,36 Triliun

Hal itu karena dari data klaim tunjangan pengangguran mingguan AS yang menunjukkan kenaikan dibanding pekan sebelumnya. Di mana itu tidak sesuai dengan ekspektasi pasar.

“Kebijakan pengetatan moneter AS yang agresif harus didukung oleh kondisi ekonomi AS yang solid termasuk kondisi ketenagakerjaan,” ujar Ariston saat dihubungi VIVA, Jumat 20 Mei 2022.

Menko Airlangga Bertemu Menteri Singapura Bahas KEK hingga Kerja Sama Ketenagakerjaan

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Ariston melanjutkan, untuk indeks dolar AS mengalami koreksi ke kisaran 102, dari yang sebelumnya sebesar 103.

“Sentimen aset berisiko jadi positif pagi ini karena berkurangnya ekspektasi seperti disebut di atas. Ini akan membantu rebound rupiah pagi ini. Apalagi data dan kondisi ekonomi Indonesia akhir-akhir ini memberikan berita positif,” jelasnya.

Adapun potensi rupiah rebound terhadap dolar AS hari ini ada di arah Rp14.650. Sedangkan resisten berada di kisaran Rp14.750.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya