PNS Bakal Work From Anywhere, Ini 8 Enaknya Jadi PNS

Pelantikan pejabat PNS di NTT.
Sumber :
  • Jo Kenaru/ Manggarai-NTT.

VIVA – PNS sat ini bukan saja akan bekerja di kantor atau di rumah saja, tetapi ke depannya dapat bekerja dengan sebuah sistem baru yaitu bekerja dari mana saja atau Work From Anywhere.

Pasien Imunodefisiensi Primer Minta Pemerintah Masukkan Terapi IDP ke dalam Formularium Nasional

PNS atau pegawai negeri sipil ini banyak membuat masyarakat di Indonesia berambisi untuk memiliki jabatannya. Bahkan PNS menjadi satu karier yang sangat diidam-idamkan banyak orang. Lalu apa sih keenakan lain jadi PNS selain bakal bekerja dengan sistem Work From Anywhere? Viva kali ini merangkum dari berbagai sumber 8 enaknya jadi PNS, sebagai berikut:

1. Jenjang Karier Cerah

Berburu Cuan Lewat Gajian

Bagaimana tidak cerah, PNS di Indonesia memiliki jenjang karier yang sangat mudah, bagus dan jelas. Setiap beberapa tahun sekali PNS bakal naik jabatan dan tentunya karier akan terus melesat seberapa lama pengabdian dan berkarier menjadi PNS. Hal itu juga didukung oleh negara dan sudah dimuat di dalam perudang-undangan di Indonesia.

2. Jam Kerja Pasti

Klarifikasi Isu Koalisi Prabowo Bergejolak soal Jatah Menteri, Sekjen Gerindra Bilang Begini

Jam kerja PNS sebenarnya tergantung dari setiap instansi atau lembaga pemerintahan yang menaungi, tetapi biasanya secara umum dan garis besar bahwa PNS bekerja selama 8 jam sehari dari pukul 08.00 Pagi hingga 16.00 sore. Selain itu hari kerja juga merupakan hal yang pasti, yaitu hari Senin sampai Jumat saja.

3. Dapat Fasilitas

Siapa sangka ternyata PNS mendapatkan fasilitas-fasilitas atau tunjangan hidup, ini meliputi juga sarana operasional PNS, seperti rumah bahkan kendaraan yang dimaksudkan untuk menyejahterakan dan mempermudah mobilitas PNS.

4. Kemudahan Pinjaman Bank

Seseorang yang berkarier sebagai PNS ketika membutuhkan uang cash yang cukup banyak untuk keperluan hidupnya, seperti membangun rumah, menyekolahkan anak dan hal-hal lainnya, mereka dapat menjamin kan surat keterangan (SK) pengangkatan ke BANK.

Dana yang pinjamkan oleh BAK akan dipotong secara langsung dari gaji yang mereka dapatkan setiap bulannya.

5. Kemudahan Melanjutkan Studi

Ketika ke terima sebagai PNS, kesempatan pegawai tersebut untuk menempuh atau menuntut ilmu akan lebih luas kesempatannya. Banyak beasiswa baik di dalam negeri atau luar negeri yang memberikan kesempatan atau kuota khusus bagi PNS.

Sebelum itu, ada syaratnya, pegawai tersebut harus sudah bekerja selama dua tahun dan mendapatkan izin dari pimpinan. Bukan hanya sampai di situ, kantor atau instansi PNS bekerja juga akan memberikan fasilitas uang transportasi pendidikan bagi mereka.

6. Aman dari PHK

Profesi PNS termasuk karier yang terbebas dari kemungkinan pemutusan hubungan kerja (PHK). Pekerjaan ini memang paling aman dari segala kondisi, seperti krisis ekonomi bahkan politik. Karena sekacau apapun negara membutuhkan PNS untuk menjalankan sistem negaranya.

Kalaupun kementerian atau lembaga negara yang dibentuk sebelumnya mengalami peleburan seperti Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi menjadi Kemendikbudristek, para PNS akan dipindahkan ke lembaga lain atau posisi lain di dalam lembaga atau instansi pemerintahan.

7. Mendapatkan Tunjangan Pensiun

Negara atau pemerintah di Indonesia sangat menitikberatkan pada kesejahteraan PNS dan keluarganya. Hal ini menjadikan PNS ketika pensiun akan tetap mendapatkan gaji bulanan yang semuanya telah diatur oleh undang-undang. Bahkan Istri dari PNS yang meninggal akan tetap terjamin dengan tetap mendapatkan dana pensiun suaminya.

8. Gaji Tetap dan Naik

PNS mendapatkan gaji yang stagnan setiap bulannya, tetapi akan naik mengikuti inflansi mata uang atau gaji dari profesi lain. Gaji pun terus bertambah nilainya dengan mendapatkannya berbagai macam bentuk tunjangan yang sudah diatur di dalam peraturan pemerintah, salah satunya Gaji ke- 13 dan tunjangan hari raya (THR).

Enak bukan menjadi PNS, pendaftaran sebai PNS biasanya dibuka setiap tahunnya dengan kuota penerimaan berbeda-beda dari setiap instansinya, maka dari itu, kamu yang ingin meraskan ke enakan menjadi PNS, persiapakan dirimu ya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya