Kejar 1 Juta Jargas, PGN Terapkan Bisnis Digital dan Marketing 3.0

Petugas PT PGN Tbk saat bekerja.
Petugas PT PGN Tbk saat bekerja.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk, terus mempercepat transformasi bisnis dan berbasis digital selama pandemi COVID-19. Percepatan itu memberikan dampak pada pemulihan dan perbaikan kinerja perusahaan secara singkat.

Direktur Sales dan Operasi PT PGN Tbk, Faris Aziz mengatakan dalam upaya mengejar target 1 juta Jaringan Gas, pihaknya terus mempeluas jangkauan pelanggan. Dan saat ini tengah melakukan mega proyek jaringan gas rumah tangga untuk 1 juta pelanggan per tahun melalui produk GasKita

"Maka strategi bisnis berbasis digital dilakukan agar bisa terhubung secara lebih luas dengan masyarakat,” jelas Faris dalam keterangan tertulisnya, Jumat 20 Mei 2022.

Baca juga: Bikin Geram, Kejagung: Lin Che Wei Terima Upah Miliaran Setiap Bulan

Menurut dia, saat ini masyarakat sudah familiar dengan digital sehingga PGN aktif untuk lebih dekat dengan masyarakat melalui platform digital. Dan untuk bisa menjawab pertanyaan tentang gas bumi dapat melalui chat Whatsapp di nomor 081511500645.

Fasir menuturkan, PGN aktif melakukan kampanye digital Gaskita. Pada 2021, digital advertising Gaskita mencapai lebih dari 3,4 juta impression dan lebih dari 150.000 engagement pada media sosial. Selain itu, lebih dari 10 persen pelanggan baru mendaftar melalui registrasi online.

Selain itu, PGN berkolaborasi dengan Tokopedia sebagai e-wallet pembayaran tagihan gas bumi. Melalui platform digital ini, pelanggan sangat dimudahkan dalam pembayaran tagihan gas apalagi selama masa pandemi. 

“Bersama Tokopedia, PGN pernah membuat social campaign digital dan mendapatkan international recognition. PGN dan Tokopedia membantu UMKM kuliner pelanggan PGN dengan membuat special page bernama Dapur Gaskita di mana pengguna Tokopedia bisa membeli kuliner dari pelanggan PGN tersebut,” jelas Faris.

Kolaborasi digital PGN dan Tokopedia ditargetkan untuk memberikan dampak pemulihan ekonomi bagi UMKM di masa pandemi. 

Pekerja PGN.

Pekerja PGN.

Photo :
  • Dok. PGN

Gaskita memberikan jaminan benefit dari penggunaan gas bumi yakni lebih praktis, aman, dan modern. Pada 2021, penyerapan gas bumi di sektor rumah tangga (Gaskita) sekitar 5,5 BBTUD. Dari penyerapan tersebut, Gaskita PGN berhasil berkontribusi pada penurunan subsidi gas tabung sekitar Rp330 miliar per tahun.

Untuk percepatan program jargas rumah tangga nasional, PGN menggandeng BUMN Karya, BUMD, dan developer terkemuka di Indonesia. Program Sejuta Rumah (PSR) menyasar Rusun Perum Perumnas di lokasi berbasis Transit Oriented Development. Lokasi tersebut meliputi Semesta Mahata Serpong di Stasiun Rawa Buntu Tangerang Selatan dan Semesta Mahata Tanjung Barat Jakarta.

Tak hanya melalui pipa, PGN memiliki produk Gaslink bagi pelanggan yang berlokasi jauh dari jaringan pipa gas PGN. Pada Desember 2021, PGN me-launching varian GasLink Cylinder yang menyasar industri restoran dan usaha kecil.

“Dengan beralih ke GasLink, pelanggan akan mendapatkan kepraktisan dan penghematan biaya lebih dari 10 persen,” ujar Faris.

PGN juga menerapkan strategi marketing 3.0 di mana perusahaan bertanggung jawab terhadap kepentingan perusahaan sendiri, sosial, serta lingkungan. Maka PGN melihat dampak positif gas bumi terhadap lingkungan di era transisi energi, serta dalam mengurangi emisi karbon sesuai target pemerintah Indonesia pada Net Zero Emission pada 2060.

Gas bumi menghasilkan CO2 sebesar 52,91 Kg/ MMBTU, nilainya lebih rendah 30 persen dari BBM dan lebih rendah 16 persen daru LPG. Penurunan emisi karena konversi ke gas bumi mencapai lebih dari 774.000 ton CO2 per tahun di PLTMG Sorong (sektor kelistrikkan), penurunan emisi kilang sebesar 217.000 ton CO2 tahun 2021(sektor energi primer), dan penurunan karbon pada jargas sebanyak 20.000 ton CO2 pada 2021.