Regulasi Khusus Produk Tembakau Alternatif Bisa Rangsang Bisnis UMKM

Ilustrasi vape.
Ilustrasi vape.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Polemik terkait belum adanya regulasi khusus yang mengatur produk tembakau alternatif terus bergulir. Sebab ditegaskan, produk itu berbeda dengan rokok.

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah mengatakan keberadaan regulasi bagi produk tembakau alternatif akan mendorong pertumbuhan industri. Sekaligus membuka lapangan pekerjaan baru. 

Karena itu, Pemerintah Indonesia diminta untuk menghadirkan regulasi produk tembakau alternatif yang terpisah dengan pengaturan berbeda dari rokok.

“Dengan sudah banyak beredarnya produk tembakau alternatif di pasaran, sudah saatnya produk-produk tersebut dibuatkan regulasinya tersendiri," ujar Trubus dikutip dari keterangannya, Jumat, 20 Mei 2022.

"Regulasi yang dibedakan dengan rokok akan merangsang UMKM untuk masuk ke dalam industri, di samping menyerap tenaga kerja,” tambnya.

Trubus mengatakan bahwa produk tembakau alternatif sudah banyak dikaji oleh berbagai negara. Kajian tersebut pun bisa jadi dasar untuk regulasi yang dikeluarkan Pemerintah.

“Berdasarkan sejumlah hasil kajian di luar negeri, produk ini mampu mengurangi potensi risiko dibandingkan rokok. Saya juga pernah melakukan penelitian dan memang hasilnya lebih rendah risiko,” katanya.