Curhat Jokowi Pertahankan Harga Pertalite Tidak Naik

Petugas SPBU melayani masyarakat dengan mengisi BBM jenis Pertalite di Kota Sorong, Papua Barat
Petugas SPBU melayani masyarakat dengan mengisi BBM jenis Pertalite di Kota Sorong, Papua Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Olha Mulalinda

VIVA – Presiden Joko Widodo mengungkapkan hingga saat ini Pemerintah masih terus menahan agar harga bahan bakar minyak jenis Pertalite tidak naik. Hal itu menurutnya butuh perjuangan di tengah tingginya harga minyak dunia dan harga komoditas energi lainnya.

Curhatan Jokowi itu disampaikan dalam Rapat Kerja Nasional V Projo di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu kemarin

“Yang namanya Pertalite ini, kita tahan-tahan betul agar tidak naik dan harganya tetap di angka Rp7.650 (per liter),” kata Jokowi, dikutip Minggu, 22 Mei 2022.

Jokowi pun membandingkan harga BBM di Indonesia dengan harga di negara-negara lain yang meroket. Hal itu dikarenakan adanya tekanan harga komoditas energi di pasar global sebagai dampak eskalasi perang antara Rusia dan Ukraina.

Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi.

Photo :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

Bahkan menurut Jokowi, kenaikan harga BBM di negara lain jauh melebihi harga BBM di Indonesia. Hal itu pun semakin meengkhawatirkan.

“Saya lihat misalnya di Jerman, bensin sudah Rp31 ribu, sudah hampir dua kali lipat, di Singapura Rp32 ribu, di Thailand Rp20.800, (harga) ini kalau saya rupiahkan. Di Amerika Rp18 ribu kurang lebih. Kita masih Rp7.650 (Pertalite),” ujar Presiden Jokowi.