Pemicu Rupiah Hari Ini Bisa Kembali ke Rp14.580 per Dolar AS

Nilai Tukar Rupiah Dollar
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Senin pagi 23 Mei 2022. Pada pukul 09.16 WIB, Rupiah melemah sebesar 0,09 persen ke posisi Rp14.648 per dolar AS dibandingkan penutupan sebelumnya Rp14.642 per dolar AS.

Rupiah Melemah, OJK Kasih Tips Emak-emak Kelola Keuangan

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau Jumat sore, rupiah ada di angka Rp14.661 per dolar AS.

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berpotensi menguat hari ini. Hal itu dipicu kembalinya minat pasar terhadap aset berisiko.

Rupiah ke Level Rp 16.242 Per Dolar AS Pagi Ini, Ada Harapan Menguat

“Sepertinya pasar mengambil peluang untuk mendapatkan profit dengan masuk di level rendah setelah penurunan harga di pasar beberapa waktu lalu,” ujar Ariston kepada VIVA, Senin 23 Mei 2022.

Rupiah Menguat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Airlangga Tegaskan Tak Hanya Rupiah yang Melemah, Won hingga Bath Juga Ambruk

Ariston melanjutkan, saat ini pelaku pasar masih melihat potensi pertumbuhan ekonomi setelah pelonggaran aktivitas ekonomi di masa pandemi.

Sementara dari dalam negeri dari surplus neraca perdagangan dan kondisi pandemi yang semakin dilonggarkan akan memicu penguatan rupiah.

“Namun demikian, bila sentimen normalisasi agresif the Fed kembali masuk ke pasar, dolar bisa menguat lagi,” jelasnya.

Adapun potensi penguatan rupiah terhadap dolar AS hari ini berada di kisaran Rp14.580. Dengan potensi resisten di kisaran Rp14.680.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya