Kemenkop UKM Beri Sanksi Dua Koperasi Bermasalah, Ini Duduk Perkaranya

Logo Kemenkop UKM.
Logo Kemenkop UKM.
Sumber :
  • Arrijal Rachman/VIVA.

VIVA – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menjatuhkan sanksi dalam pengawasan khusus kepada dua koperasi bermasalah. Di antaranya Koperasi Simpan Pinjam Fadillah Insan Mandiri (KSP-FIM) dan KSP Sejahtera Bersama (KSP-SB).

Deputi Bidang Perkoperasian Kemenkop UKM Ahmad Zabadi mengatakan, berdasarkan hasil identifikasi dan klarifikasi terhadap KSP-FIM maka diputuskan pemberian sanksi “Dalam Pengawasan Khusus.”

“Beberapa pertimbangan didasarkan pada koperasi yang bersangkutan tidak memberikan dokumen-dokumen pendukung dan tidak memiliki aset dan omzet yang cukup dalam mengambil alih kewajiban utang KSP-SB,” jelas Zabadi dalam keterangannya, Senin, 23 Mei 2022.

Ilustrasi trafik omzet penjualan.

Ilustrasi trafik omzet penjualan.

Photo :
  • U-Report

Adapun untuk KSP-FIM saksi yang diberikan karena tidak bisa menunjukkan bukti atas kemampuan dalam mengambil alih kewajiban pembayaran utang KSP-SB. Kemudian juga perihal mewajibkan anggota KSP-SB untuk menjadi anggota KSP-FIM yang ini merupakan tindakan keliru, tidak sesuai dengan prinsip koperasi ‘Keanggotaan Bersifat Sukarela dan Terbuka’.

Manuver Pengalihan Utang

Zabadi mengatakan, kasus KSP-FIM dan KSP-SB menjadi salah satu perhatian khusus masyarakat sebagai koperasi bermasalah. Selain itu, diduga ada upaya manuver dari pengurus KSP-SB untuk mengalihkan utang ke KSP-FIM.