Beli Minyak Goreng Pakai KTP, Disdag Mataram: untuk 10 Kg ke Atas

Minyak goreng curah
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Dinas Perdagangan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, masih kesulitan mengendalikan harga minyak goreng curah sesuai harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp15.500 per kilogram. Saat ini, pengecer di sana masih menjual Rp18.000 per kilogram.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Menurut Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Mataram Uun Pujianto, pedagang juga tidak mau menjual dengan untung yang sedikit. Apalagi, jatah pun dibatasi

"Sampai saat ini pengecer masih menjual minyak goreng curah Rp18.000 per kilogram. Para pedagang ini tidak mau untung sedikit, apalagi jatah mereka dibatasi," katanya di Mataram, Senin 23 Mei 2022.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Menurutnya, para pedagang tidak mau menjual sesuai HET dengan alasan distribusi minyak goreng curah tidak lancar dan kuota yang didapatkan berkurang dari biasanya.

"Untuk masalah distribusi ini kami belum tahu pasti penyebabnya dan pendistribusian dilakukan oleh satu perusahaan saja," katanya.

92.493 NIK Warga Jakarta Bakal Dinonaktifkan Pekan Depan

Syarat Pembelian dengan KTP

Ilustrasi KTP

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Menyinggung tentang syarat pembelian minyak goreng curah dengan menunjukkan KTP, menurut Uun kebijakan itu diberlakukan untuk pembelian di atas 10 kilogram agar pembelian bisa tepat sasaran.

"Kalau hanya beli 2-3 kilogram untuk konsumsi sendiri, tidak perlu menunjukkan KTP," katanya.

Harga dan stok minyak goreng kemasan di Kota Mataram, tambah Uun, sejauh ini masih aman dan harga normal.

"Untuk minyak goreng kemasan stok masih banyak, dan harganya normal yakni di atas Rp20.000 per liter tergantung merek," katanya. (Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya