Sepaku Segera Jadi IKN, Sektor Ini Mulai Jadi Incaran Investor

Kantor Bupati Penajam Paser Utara.
Sumber :
  • Antara/Novi Abdi

VIVA – Investor mulai tertarik berinvestasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Ketertarikan itu seiring ditetapkannya Kecamatan Sepaku di daerah itu sebagai lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Penajam Paser Utara Hamdam Pongrewa mengatakan pemindahan IKN ke Kecamatan Sepaku memberikan dampak positif sehingga potensi daerah berjuluk "Benuo Taka" tersebut dilirik investor.

"Paling dilirik para pemilik modal itu sektor industri dan pergudangan, dan beberapa sudah lengkapi dokumen," ujar Hamdam di Penajam seperti dilansir dari Antara, Selasa 24 Mei 2022.

Bahlil Bocorkan Isi Pembicaraan Jokowi dan Tony Blair: Energi Baru hingga IKN

Menurutnya, investor sudah mulai banyak yang mencari investasi di Penajam. "Ada juga yang masih melihat atau mencari potensi yang cocok untuk berinvestasi di Kabupaten Penajam Paser Utara," tambahnya.

Wisatwan membludak di titik 0 IKN.

Photo :
  • VIVA/Jhovanda (Kalimantan Timur)
Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI

Investor Mulai Urus Perizinan Usaha, Termasuk Sektor Kesehatan dan Perhotelan

Selain itu ada pemilik modal yang tertarik untuk menanamkan modalnya di bidang kesehatan dan perhotelan, serta sejumlah investor telah mengurus perizinan untuk mendirikan bangunan tempat usaha.

Dengan masuknya investasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, kata dia, berdampak positif terhadap PAD (Pendapatan Asli Daerah) melalui pungutan pajak.

Namun, tegas dia, ada juga sejumlah pemilik modal yang dibatalkan pengajuan investasi karena tidak bisa melengkapi persyaratan dan dicurigai hanya melakukan spekulasi untuk berinvestasi.

Investor Harus Punya Rencana Kerja

Ia mengatakan para pemilik modal harus memiliki rencana kerja dan tujuan menanamkan modalnya di Kabupaten Penajam Paser Utara yang dimuat dalam dokumen pengajuan investasi yang bakal diverifikasi tim investasi pemerintah kabupaten setempat.

"Investor harus berikan kejelasan dan yakinkan bahwa benar-benar mau berinvestasi, harus lengkap dokumen pengajuan investasi," jelasnya.

"Pengajuan dokumen investasi itu harus melalui verifikasi dari tim yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara," kata Hamdam Pongrewa.

Investasi yang masuk ke Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2021 mencapai sekitar Rp225 miliar dan pada tahun ini (2022) ditargetkan mencapai lebih kurang Rp800 miliar. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya