Rupiah Menguat Rp14.651 per Dolar AS Pagi Ini, Tapi Masih Tertekan

Rupiah melemah terhadap dolar AS.
Rupiah melemah terhadap dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Rabu pagi 25 Mei 2022, pukul 09.12 WIB. Rupiah menguat sebesar 0,08 persen ke posisi Rp14.651 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp14.661 per dolar AS.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp14.653 per dolar AS.

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini akan tertekan. Hal itu dikarenakan setelah Bank Indonesia (BI) tetap mempertahankan suku bunga acuan di 3,50 persen.

Baca juga: Akhir Mei, Pemerintah Akan Mencabut Subsidi Minyak Goreng

“Dengan BI tidak mengubah kebijakannya jarak suku bunga acuan dengan the Fed makin menyempit. Ini bisa menekan rupiah ke arah Rp14.700,” kata Ariston kepada VIVA, Rabu 25 Mei 2022.

Sementara di sisi lain, data dan kondisi ekonomi Indonesia terlihat semakin baik. Di mana itu terlihat pada inflasi yang masih terkendali dibandingkan negara maju.

Rupiah Menguat

Rupiah Menguat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

“Hal tersebut dikonfirmasi oleh pernyataan BI kemarin. Ini mungkin menjaga rupiah tidak melemah dalam dan bisa rebound terhadap dolar AS,” jelasnya.

Adapun dengan sentimen the Fed tersebut, akan menjaga rupiah hari ini bergerak ke posisi Rp14.600 hingga Rp14.700.