Digitalisasi Tata Kelola Pelayaran RI, Kemenhub Luncurkan Nadiworld

Industri pelayaran di Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tudji Martudji

VIVA – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan meluncurkan program Navigation in Digital World (Nadiworld) hari ini. Program ini berbasis teknologi Informasi di Bidang Kenavigasian demi mendukung Keselamatan Pelayaran.

Potret Layanan Ratusan Mitra Utama Bea Cukai Tanjung Priok

Direktur Kenavigasian Hengki Angkasawan mengungkapkan program ini merupakan inovasi pihaknya guna mengimbangi perkembangan yang kian pesat dan implementasi Hospitable Spirit.

"Dengan semangat hospitable spirit dan kebijakan Pemerintah dalam menyikapi perkembangan teknologi digital serta perkembangan globalisasi. Dan, terus berbenah melakukan peningkatan-peningkatan dalam penyelenggaraan tugas fungsi serta pelayanan publik," ujar  dalam sambutannya saat membuka acara peluncuran Nadiworld, Jakarta, dikutip dari keterangannya, Rabu, 25 Mei 2022. 

Bertemu Tony Blair, Menko Airlangga Bahas Inklusivitas Keuangan Hingga Stabilitas Geopolitik

Hospitable spirit merupakan hasil buah pemikiran bersama yang dirumuskan oleh para duta pelayanan publik di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Yang memiliki makna jiwa yang melayani dengan hati, ramah, hangat, bersahabat, melalui penerapan Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun (5S) secara konsisten. 

Program ini bertujuan agar jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut baik di Kantor Pusat maupun di seluruh Unit Pelaksana Tugas (UPT) di daerah dapat terus meningkatkan pelayanan publik yang prima sebagai wujud nyata kita dalam memenuhi sasaran reformasi birokrasi.

Asosiasi Pengusaha Pelayaran di Asia Dorong Kolaborasi Regional

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Raymond Sianturi menjelaskan, pemanfaatan teknologi digital, pada sejumlah sistem dan aplikasi di area kerjanya terus berkembang. Hal itu meningkatkan kewaspadaan, kemanfaatan data dan informasi yang dikelola dalam pengoperasian Stasiun Radio Pantai dan Stasiun VTS.

Peluncuran Nadiworl.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenhub.

"Nadiworld ini juga dapat memudahkan pelaksanaan pelaporan, monitoring kinerja, dan kecepatan respons dalam penyelenggaraan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran serta pelayanan Telekomunikasi Pelayaran khususnya yang berimplikasi pada Penerimaan Negara Bukan Pajak," ujarnya.
 
Peningkatan pelayanan ini akan terus bergulir. Pengembangan dan penyempurnaan sistem pun dilaksanakan secara konsisten seiring dengan perkembangan maupun kebutuhan pelayanan," ujarnya.

Dia menegaskan, inovasi telah merasuk pada urat nadi Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok dan seluruh jajarannya. Yang bersama-sama terus meningkatkan ragam maupun kualitas pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi digital.

Lebih lanjut menurutnya, penyediaan sistem dan infrastruktur akan berhasil guna dengan adanya pemanfaatannya efektif. Harus ditunjang pula dengan komitmen para pemangku kepentingan dan pengguna jasa dalam memenuhi standar dan ketentuan nasional maupun internasional di bidang kenavigasian antara lain dalam aspek 

Seperti, kelengkapan dan aktivasi perangkat Autaomatic Identification System (AIS) di atas kapal. Kemudian, kelengkapan dan berfungsinya perangkat Radio Nautika di atas kapal. Lalu, tata tertib pelaksanaan telekomunikasi pelayaran dan pelaporan kapal melalui Stasiun Radio Pantai dan Stasiun VTS.

Serta, tertib pelaksanaan pemeliharaan, pemantauan dan pelaporan Sarana Bantu navigasi pelayaran. Dan, dalam berbagai aspek terkait lainnya.
 
"Kami yakin, melalui kebersamaan, kolaborasi dan komitment semua pihak, digitalisasi di bidang pelayanan kenavigasian akan memberi manfaat yang besar bagi kepentingan publik dan kepentingan negara," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya